Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BERORGANISASI ??? SIAPA TAKUT ??!!!

            Apa sich yang ada pada benak temen-temen ketika denger kata-kata “organisasi”?? Aksi? Anarkis? Buang-buang waktu?? Mungkin ada benarnya, tapi banyak salahnya.

            Organisasi yang dimaksud di sini adalah organisasi mahasiswa. Mahasiswa adalah pernyataan yang tak jarang kita dengar, sederhana tapi punya arti dan makna sangat luas. Predikat mahasiswa memunculkan kebingungan-kebingungan tentang keberadaan kita sebagai mahasiswa yang mana kita dituntut untuk menjadi motor penggerak perubahan (agent of change). Merupakan predikat yang berat ketika mahasiswa sudah tidak berdaya, ini terjadi ketika rakyat menuntut mahasiswa mampu membuat satu gerakan untuk mengubah paradigma serta pembelaan pada kaum lemah dan terpinggirkan.

            Yang menjadi pertanyaan, apakah setiap mahasiswa mampu mewujudkan tujuan tersebut secara personal? Mungkin ada sebagian kecil yang mampu, namun banyak yang tidak mampu sehingga mereka membutuhkan wadah. Wadah yang tepat yaitu berupa organisasi karena dalam berorganisasi lebih terkoordinir sehingga tujuan untuk membawa perubahan pada masyarakat bisa lebih mudah tercapai. Dalam organisasi inilah kita dibentuk menjadi mahasiswa yang berkualitas serta mempunyai tanggung jawab menjadikan masyarakat berkualitas pula.

            Namun tidak dapat dipungkiri bahwa paradigma mahasiswa saat ini sudah berubah. Bagi sebagian besar mahasiswa, bahwa idealnya mahasiswa yaitu mahasiswa akademis yang hanya duduk manis mendengarkan ceramah dosen dari belakang bangku kuliah. Mereka itu yang punya persepsi bahwa kita mendapat ilmu hanya dari bangku kuliah. Padahal itu salah besar sehingga paradigma ini harus diubah. Bukan berarti kita harus meninggalkan kuliah, namun perlu disadari bahwa ilmu bisa didapatkan di manapun dan kapanpun dan salah satunya yaitu didalam berorganisasi. Dalam berorganisasi juga bisa mendapatkan ilmu seperti di kampus, selain itu organisasi juga bisa menjadi penyeimbang antara teori dan praktek. Maksudnya, teori yang didapat di kampus dan dalam berorganisasi dapat diimplementasikan ketika berorganisasi tersebut.

            Jika beranggapan bahwa ikut organisasi hanya akan membuang waktu maka semuanya dikembalikan ke diri masing-masing. Apakah kita mampu mengelola waktu dengan baik atau tidak karena kegiatan organisasi itu di luar jam kuliah. Selain itu, kita juga harus benar-benar berproses didalam organisasi sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Maksud dari berproses ialah bahwa kita bisa mengambil kemanfaatan dari berorganisasi tersebut tidak hanya sekedar numpang tenar atau hal-hal lain yang tidak bersifat intelektual.

            Untuk masalah aksi yang dilakukan mahasiswa itu mencakup banyak hal. Jangan mengartikan aksi hanya berupa demo karena menghidupkan kampus dengan kegiatan diskusi juga merupakan salah satu wujud aksi mahasiswa. Hubungannya dengan demo, jangan beranggapan bahwa itu pasti sesuatu yang anarkis. Kita harus tahu bahwa tujuan demo adalah menyalurkan aspirasi dalam memperjuangkan hak rakyat. Aksi anarkis dalam berdemo bukanlah identitas mahasiswa dan organisasi.

            Jika ditinjau kembali, bahwa orang tua membiayai kita untuk kuliah namun jangan mengartikan kuliah itu hanya untuk bisa mendapatkan ijazah dengan nilai tinggi dengan menjadi mahasiswa akademik. Namun substansi dari kuliah adalah mencari ilmu dan ilmu itu bisa didapatkan di manapun salah satunya dalam berorganisasi karena ini adalah bagian dari kuliah. Dalam berorganisasi ini bisa dikatakan “kuliah gratis”. Kenapa? Karena di situ bisa mendapat ilmu yang tak kalah hebat dengan yang didapat di bangku kuliah tanpa harus bayar.

            Terlepas dari semua itu, kita lihat kembali manfaat apa yang kita dapat dalam berorganisasi. Tidak akan sia-sia setiap usaha yang kita lakukan dalam menuntut ilmu. Selain itu, percayalah bahwa orang-orang besar itu kebanyakan berasal dari organisasi, oleh kareno itu apakah kita tidak ingin menjadi orang besar pula? Organisasi adalah salah satu sarana menjadi orang besar, oleh karena itu manfaatkanlah fasilitas yang ada. Jika kita bisa mendapatkan lebih, kenapa tidak kita ambil kesempatan tersebut??? Tak perlu bingung, persiapkan diri untuk menjadi orang besar!!! SEMANGAT,,,,!!!!  

Post a Comment for "BERORGANISASI ??? SIAPA TAKUT ??!!!"