Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU

Contoh Rancangan Program Kerja

Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU. Salam Belajar Berjuang Bertaqwa. Selamat sore rekan/ita, sehat kah hari ini? Semoga saja Allah selalu memberikan kesehatan dan kemudahan kepada kalian semua. Aamiin

Hey rekan/ita, dalam kesempatan sore hari ini admin akan berbagi post tulisan tentang Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU. Baca juga tulisan sebelumnya tentang Rancangan Tata Tertib Konferensi Anak Cabang IPNU.

Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU ini tentu sangat lah berguna ketika rekan/ita akan melakukan Konferancab. Bukankah begitu ? Hanya saja terkadang untuk kepengurusan yang baru, Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU ini banyak yang tidak punya. Atau bahkan tidak mengerti sama sekali dengan Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU ini.

Walau mungkin terlihat sepele namun jangan salah, bagi mereka yang baru postingan ini tentang Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU sangatlah bermanfaat. Karena admin pernah mengalaminya sendiri J. Admin rasa file tentang Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU ini jika hanya tersimpan di netbook kemanfaatannya kurang karena hanya untuk koleksi pribadi admin. Oleh karena ini untuk mensiasati hal tersebut admin akan memposting file Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU. Harapannya, semoga file ini bisa bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan.

O ya, perlu di sampaikan juga bahwa file ini saya dapat dari tetangga sebelah. Akh .. nanti kalian bisa baca sendiri nama wilayahnya. Waktu itu karena baru pertama kali, admin cukup bingung sehingga salah satu cara agar kebingungan itu bisa teratasi ya dengan bertanya sekaligus minta file nya. Terima kasih rekan atas kebaikannya.

Eh mana tulisan Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU ? Dari tadi kok gak muncul-muncul ? Hee


Simak baik-baik nya postingan Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU dibawah ini. Semoga bermanfaat. 
__________________

RANCANGAN PROGRAM KERJA
KONFERENSI ANAK CABANG I IPNU KECAMATAN KEJOBONG

A.    Muqadimah
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) adalah organisasi dibawah naungan Jam’iyah Nahdlatul Ulama sebagai wadah komunikasi pelajar-pelajar NU. IPNU merupakan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) merupakan bagian integral dari potensi generasi muda Indonesia yang menitikberatkan bidang garapannya pada pembinaan remaja, terutama dari kalangan pelajar, santri, remaja, dan mahasiswa. Keempat pendukung tersebut merupakan pilar utama keberadaan IPNU yang harus dikembangkan secara dinamis, sesuai dengan tuntutan perkembangan.
IPNU telah menetapkan kembali kaderisasinya pada pelajar. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Deklarasi Makasar tahun 2000 yang menyatakan bahwa : ”Mengembalikan IPNU pada visi kepelajaran sebagaimana tujuan awal pendiriannya.” Makna deklarasi ini amatlah penting karena selama ini IPNU terlalu luas garapan kaderisasinya, maka terlalu luasnya objek kaderisasi ini manjadikan garapan kaderisasi IPNU tidak fokus sehingga target yang ingin dicapai dalam melahirkan kader-kader yang berkualitas kurang berhasil. Maka objek kaderisasi ini difokuskan kepada pelajar, santri, remaja dam mahasiswa. Kemudian hal ini ditegaskan kembali pada konggres ke-XIV di Surabaya dengan mengembalikan akronim IPNU dari Ikatan Putra Nahdlatul Ulama menjadi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama sebagaimana pada awal berdirinya.
Sebagai organisasi keagamaan, IPNU menempatkan nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah sebagai sumber motivasi dan inspirasi dalam memberi makna serta arah pembangunan manusia menuju penyempurnaan nilai kemanusiaanya. Oleh karena itu IPNU dalam bermasyarakat harus bersikap Tawasuth dan I’tidal menjunjung tinggi prinsip kejujuran dan keadilan, bersikap membangun, menghindari perilaku Tatharuf (ekstrim), memaksakan kehendak dengan menggunakan kekuasaan dan kedzaliman; Tasamuh (toleransi) terhadap perbedaan pendapat baik dalam masalah keagamaan, kemasyarakatan maupun kebudayaan; Tawazun (seimbang) dalam menjalin hubungan antara manusia dengan Tuhannya serta manusia dengan lingkungannya; amar ma’ruf nahi mungkar memiliki karakter dalam melakukan perbaikan dan mencegah terjadinya kerusaan harkat kemanusiaan dan kerusakan lingkungan. IPNU juga harus memiliki karakter mandiri, bebas, terbuka, bertanggung jawab dalam berfikir, bersikap dan bertindak.
Dalam rangka mendukung jalannya otonomi daerah, IPNU perlu menyusun suatu pokok-pokok program kerja yang mampu mentransformasikan pemikiran yang berhubungan dengan upaya pembangunan, pembaharuan dan perbaikan kinerja organisasi kedalam perencanaan dan program kegiatan.


B.     Tujuan Program
a.       Tujuan Umum
Program umum bertujuan menanamkan nilai-nilai dasar ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah, sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945, dalam pemahaman yang tepat, serta turut berpartisipasi dalam mensukseskan jalannya otonomi daerah di Kabupaten Purbalingga.

b.      Tujuan Khusus
1)   Memantapkan keberadaan, fungsi dan peran IPNU dalam memenuhi aktualisasi anggota, tanpa meninggalkan akar budaya dan tradisi ke-NU-annya.
2)   Mengembangkan potensi anggota secara kritis dan kreatif melalui tindakan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.
3)   Meletakkan unsur landasan Islam Ahlussunnah Waljama’ah sebagai pijakan yang kuat bagi perjuangan organisasi berikutnya secara berencana dan berkesinambungan.

C.     Arah dan Strategi Program
a.       Arah Program
IPNU memiliki kewajiban untuk mewujudkan potensi kadernya dalam bentuk program yang konkret. Sehingga program-program yang dilaksanakan mengarah pada peningkatan organisasi dan anggota serta pengembangan perjuangan dan partisipasi NU dalam melintasi era transisi menuju demokarasi dan era globalisasi.

b.      Strategi Program
1)   Strategi Jangka Panjang.
a)    Menumbuhkan kader-kader IPNU yang berpihak pada kebenaran dan menentang segala bentuk kemungkaran
b)   Menumbuhkan kader-kader IPNU yang berwawasan luas serta memiliki basis intelektualitas dan integritas yang kuat.
c)    Menumbuhkan kader-kader IPNU yang selalu mementingkan professional kerja dalam setiap aktivitas organisasi dan pekerjaan lainnya.
d)   Menumbuhkan kader-kader IPNU yang berorientasi pengabdian dan selalu mendahulukan kepentingan orang banyak diatas kepentingan pribadi.
2)   Strategi Jangka Pendek.
a)      Membina dan mengembangkan organisasi dan anggota yang lebih mempriotaskan program-program pengkaderan dan pengembangan minat dan bakat.
b)      Meningkatkan pengetahuan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai perjuangan organisasi
c)      Meningkatkan kemampuan sosial sebagai upaya membangkitkan sense kemanusiaan dalam kehidupan bermasyarakat.

D.    Asas Pelaksanaan Program
Secara umum pelaksanaan program IPNU berdasar pada:
1.    Asas manfaat berarti fungsional bagi tumbuhnya dinamika anggota dalam seluruh aspek kegiatan organisasi.
2.    Asas keterpaduan berarti pelaksanaan program harus bersifat integrated (terpadu) .
3.    Asas kesinambungan berarti program yang dilaksanakan dalam program yang berkelanjutan bukan bersifat instant.
4.    Asas kebersamaan berarti pelaksanaan program yang berlandaskan semangat kebersamaan dan dan gotong royong.
5.    Asas kepeloporan berarti pelaksanaan program dilaksanakan secara kreatif dalam hal teknik dan metode pelaksanaan program.

E.     Garis-Garis Besar Program
Sesuai dengan arah dan kebijakan organisasi, program kerja IPNU Kecamatan Kejobong lebih dititik beratkan pada Departemen keorganisasian dan kaderisasi, Departemen Kajian Keilmuan,  Departemen Dakwah, Sosial, Seni dan Budaya, serta Departemen Pendidikan dan Advokasi.

1.      Departemen Organisasi dan Kaderisasi
a.   Target Program
      1. Terwujudnya konsolidasi organisasi IPNU yang mencakup pemantapan struktural dan    wawasan anggota serta mantapnya peran organisasi dalam perkembangan kepelajaran, dan keremajaan.
     2. Tersedianya kader IPNU yang berakhlakul karimah, militan, professional dan kritis untuk melanjutkan estafet kepemimpinan organisasi.
b.   Bentuk Program
      1. Meningkatkan dan mengembangkan struktur organisasi IPNU dengan menjadikan ranting dan komisariat serta generasi muda muslim sebagai sasaran pengembangan.
      2. Melaksanakan proses-proses pengkaderan baik yang bersifat formal, informal maupun non-formal.
      3. Meningkatkan potensi kader IPNU melalui jenjang pengkaderan dan pelatihan sesuai dengan juklak dan pedoman pengkaderan IPNU.
      4. Mengupayakan dalam setiap kegiatan-kegiatan IPNU selalu bernuansa pengkaderan (pengkaderan terpadu).

2.      Departemen Dakwah, Sosial, Seni dan Budaya
a.   Target Program
      Terbentuknya kader IPNU yang kreatif, inovatif dan berprestasi dalam bidang Dakwah, Sosial, Seni dan Budaya.
 b. Bentuk Program
      1.   Meningkatkan kesadaran dan kepedulian kader IPNU terhadap perkembangan dan kelestarian ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah.
      2.   Meningkatkan kesadaran dan kepedulian kader IPNU terhadap masalah kesehatan reproduksi remaja, Narkoba dan HIV/AIDS.
      3.   Melaksanakan kegiatan yang mampu menyalurkan bakat dan minat kader IPNU dalam bidang Seni, Budaya.

3.      Departemen Kajian Keilmuwan
a.    Melakukan pengkajian tentang kecenderungan dan perubahan yang terjadi pada kelompok sasaran IPNU;
b.    Membentuk forum kajian intensif sebagai media pengembangan nalar intelektual kader IPNU.
c.    Melakukan kajian secara periodik terhadap efektifitas program IPNU Kecamatan Kalimanah dalam rangka penguatan organisasi

4.      Departemen Pendidikan dan Advokasi
a.    Meningkatkan kapasitas dan keterampilan fasilitator pelatihan baik di tingkat PAC, Ranting maupun Komisariat;
b.    Mengembangkan kurikulum dan model pelatihan dengan sertifikasi terstandart dan terpadu dengan tetap mengedepankan semangat otonomi daerah;
c.    Membentuk Tim Pelatih di tingkat PAC yang berfungsi memfasilitasi setiap pengkaderan di tingkat Ranting dan Komisariat.
d.   Membuat standar ketuntasan pelatihan bagi PAC yang melakukan pelatihan.

5.      Lembaga Informasi dan Komunikasi
Adalah perangkat organisasi yang memiliki tugas dan kewajiban melaksanakan program khusus dibidang Informasi dan Komunikasi baik secara internal maupun ekternal IPNU. Dalam operasionalisasi kegiatannya, peran dan fungsi lembaga ini berkaitan dengan semua departemen. Lembaga ini memili hak dan kewenangan untuk mensosialisasikan segala informasi yang berkaitan dengan perkembangan kelembagaan program-program PP, PW, PC, PAC, Komisariat dan Ranting IPNU, serta bersama departemen terkait melaksanakan kegiatan dengan pengembangan program informasi dan komunikasi, setelah mendapatkan persetujuan dari pimpinan organisasi di tingkatan masing-masing.

6.      Lembaga Pers dan Jurnalistik
a)    Mengakomodir anggota IPNU yang mempunyai hobi menulis
b)   Menerbitkan buletin tentang berita-berita terkini terkait dengan dunia pelajar khususnya tentang pelajar NU
c)    memberikan bekal/pelatihan kepada anggota IPNU tentang jurnalistik
d)   memberikan arahan kepada anggota agar ditulis setiap kegiatan IPNU baik yang skala besar ataupun kecil, hal ini dimaksudkan agar anggota mempunyai kebiasaan menulis.

7.      Lembaga Perekonomian dan Kewirausahaan
Adalah perangkat organisasi yang bertugas melaksanakan program khusus organisasi di bidang pengembangan jaringan usaha dan penguatan kemandirian organisasi. Dalam operasionalisasi kegiatannya, Lembaga ini memiliki hak dan kewenangan untuk mengusulkan kegiatan dan bekerjasama dengan pihak terkait, setelah mendapatkan persetujuan dari pimpinan organisasi ditingkatan masing-masing.

8.      Corp Brigade Pembangunan (CBP)
a.       Target Program
-          Terwujudnya organisasi yang disiplin, dan cinta tanah air (nasionalisme)
-          Membentuk watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat.
-          Membangun watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada kegiatan sosial kemanusiaan.
-          Memahami ajaran ahlussunnah wal jamaah
-          Memahami CBP
-          Memiliki rasa kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi
b.      Bentuk Program
-          Sosialisasi ke-CBP-an
-          Membentuk kepengurusan CBP
-          Diklat CBP



                                                                                            
Ditetapkan di : Kejobong
                                                                                         Pada tanggal :     02 Maulid 1435 H
                                                                                                                     04 Januari 2014 M


Presidium Sidang




         ……………………                      ………………………                  ……………………
                    Ketua                                           Sekretaris                                      Anggota

___________________________
Setelah selesai jangan lupa, baca juga Hasil Keputusan di atas.

_______________
KEPUTUSAN KONFERENSI ANAK CABANG I
IPNU KECAMATAN KEJOBONG
Nomor : 002/Pan.Konferancab I/7354/I/2014

Tentang

PROGRAM KERJA PIMPINAN ANAK CABANG IPNU
KECAMATAN KEJOBONG MASA KHIDMAT 2014 – 2016

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Konferensi Anak Cabang I IPNU Kecamatan Kejobong tanggal 04 Januari 2014 di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng Kecamatan Kejobong, setelah :

Menimbang
:
1.    Bahwa Konferensi Anak Cabang I IPNU sebagai lembaga pemusyawaratan tertinggi di tingkat Kecamatan harus berjalan tertib dan lancar;
2.    Bahwa untuk menjamin terlaksananya tertib organisasi dan lancarnya Konferancab perlu ditetapkan tata tertib Konferensi Anak Cabang I IPNU Kecamatan Kejobong.
Mengingat
:
1.      Peraturan Dasar IPNU;
2.      Peraturan Rumah Tangga IPNU.
Memperhatikan
:
Pembahasan dan masukan-masukan dari peserta sidang pleno Konferensi Anak Cabang I IPNU Kecamatan Kejobong.
Dengan senantiasa memohon petunjuk Allah SWT,

MEMUTUSKAN

Menetapkan
:
1.    Pokok-pokok program kerja Pimpinan Anak Cabang IPNU Kecamatan Kejobong masa khidmat 2014 – 2016.
2.    Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai berakhirnya Konferensi.


Wallahul muwaffiq ilaa aqwaamit thariiq.

Ditetapkan di : Kejobong
                                                                                         Pada tanggal :     02 Maulid 1435 H
                                                                                                                            04 Januari 2014 M



Presidium Sidang



         ……………………                      ………………………                  ……………………
                    Ketua                                           Sekretaris                                      Anggota

2 comments for "Rancangan Program Kerja Konferensi Anak Cabang IPNU"

  1. assalamu'alaikum
    mohon maaf rekan boleh monta Draf RAKER IPNU IPPNU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam .. Maaf rekan baru sempat ngecek folder komenter .. bisa mas, silahkan hubunungi melalui contact yang ada di bawah header blog rekan ... Terima Kasih

      Delete