Perbedaan KTSP dan Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 diluncurkan secara resmi pada tanggal 15 Juli 2013, dan kurikulum ini sudah dilaksanakan pada tahun pelajaran 2013/2014 pada sekolah-sekolah tertentu saja. Perubahan kurikulum, tentu juga menghadirkan beberapa perbedaan dengan yang lama, berikut adalah perbedaan kurikulum 2013 dengan KTSP.

No
KTSP
Kurikulum 2013
1
Tujuan Standar Kompentensi Lulusan
a.       Tujuan Nasional
b.      Tujuan Institusional
c.       Tujuan Kurikuler (mendahulukan Kognitif/Pengetahuan, Afektif/Sikap dan Psikomotorik/Ketrampilan. Teori Bloom)
d.      Tujuan Intraksional
-          SK
-          KD
Tujuan SKL
a.       Tujuan Nasional
b.      Tujuan Institusional
c.       Tujuan Kurikuler (mendahulukan Afektif/Sikap : K1; Spiritual, K2; Sosial. Kognitif/Pengetahuan : K3, dan Psikomotorik/Ketrampilan : K4. Teori Bloom)
d.      Tujuan Intraksional
-   KI
-   KD

2
Dasar Hukum
a.       UU no 20/2003
b.      PP no 19/2005

Dasar Hukum
a.       UU no 20/2013
b.      PP no 32/2013
3
Isi / Materi
a.       Kurikulum Nasional
b.      MuNas/ Muatan Lokal
c.       Pengembangan Diri
d.      3 JP/Minggu
e.      SD 1-3, Tematik Terpadu
f.        TIK sebagai mata pelajaran
Isi / Materi
a.       Kelompok  A /Inti
b.      Kelompok B/Inti
c.       4 JP/Minggu
d.      SD 1-6, Tematik
e.      TIK (TeknikInformasi dan Komunikasi) bukan sebagai mata peljaran melainkan media pembelajaran

4
Strategi PBM
a.       Standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi
b.      Penjurusan mulai kelas XI
Strategi PBM
a.       Proses pembelajaran setiap tema di jenjang SD dan semua mata pelajaran di jenjang SMP/SMA/SMK dilakukan dengan pendekatan ilmiah (saintifik approach), yaitu standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan dan Mencipta.
b.      Peminatan (Penjurusan) mulai kelas X untuk jenjang SMA/MA
5
Penilaian
a.       Penilaian lebih dominan pada aspek pngetahuan
Penilaian
a.       Standar penilaian menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.

Post a Comment

Previous Post Next Post