Kurikulum 2013 diluncurkan secara
resmi pada tanggal 15 Juli 2013, dan kurikulum ini sudah dilaksanakan pada
tahun pelajaran 2013/2014 pada sekolah-sekolah tertentu saja. Perubahan kurikulum,
tentu juga menghadirkan beberapa perbedaan dengan yang lama, berikut adalah
perbedaan kurikulum 2013 dengan KTSP.
No
|
KTSP
|
Kurikulum 2013
|
1
|
Tujuan Standar Kompentensi Lulusan
a. Tujuan Nasional
b. Tujuan Institusional
c. Tujuan Kurikuler (mendahulukan Kognitif/Pengetahuan,
Afektif/Sikap dan Psikomotorik/Ketrampilan. Teori Bloom)
d. Tujuan Intraksional
-
SK
-
KD
|
Tujuan SKL
a.
Tujuan Nasional
b.
Tujuan Institusional
c.
Tujuan Kurikuler
(mendahulukan Afektif/Sikap : K1; Spiritual, K2; Sosial. Kognitif/Pengetahuan
: K3, dan Psikomotorik/Ketrampilan : K4. Teori Bloom)
d.
Tujuan Intraksional
-
KI
-
KD
|
2
|
Dasar Hukum
a. UU no 20/2003
b. PP no 19/2005
|
Dasar Hukum
a.
UU no 20/2013
b.
PP no 32/2013
|
3
|
Isi / Materi
a. Kurikulum Nasional
b. MuNas/ Muatan Lokal
c. Pengembangan Diri
d. 3 JP/Minggu
e. SD 1-3, Tematik Terpadu
f.
TIK sebagai mata
pelajaran
|
Isi / Materi
a. Kelompok A /Inti
b. Kelompok B/Inti
c. 4 JP/Minggu
d. SD 1-6, Tematik
e. TIK (TeknikInformasi dan Komunikasi) bukan sebagai mata
peljaran melainkan media pembelajaran
|
4
|
Strategi PBM
a. Standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Eksplorasi,
Elaborasi dan Konfirmasi
b. Penjurusan mulai kelas XI
|
Strategi PBM
a. Proses pembelajaran setiap tema di jenjang SD dan semua mata
pelajaran di jenjang SMP/SMA/SMK dilakukan dengan pendekatan ilmiah
(saintifik approach), yaitu standar proses dalam pembelajaran terdiri dari
Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan dan Mencipta.
b. Peminatan (Penjurusan) mulai kelas X untuk jenjang SMA/MA
|
5
|
Penilaian
a.
Penilaian lebih dominan
pada aspek pngetahuan
|
Penilaian
a.
Standar penilaian
menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap,
ketrampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
|
Tags
Catatan Kuliah