WHAT'S NEW?
Loading...

Biografi Singkat Imam Bukhari

Imam Bukhari lahir di Bukhara tahun 810 M dan meninggal di Khartanah tahun 870 M. Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Bukhari. Sejak kecil, Imam al-bukhari mempunyai ingatan yang tajam melebihi orang lain. Ketika berusia 10 tahun, ia belajar hadits kepada ad-Dhahili, seorang ulama masyhur saat itu. Setahun kemudian, ia mulai berani mengoreksi kesalahan gurunya yang keliru menyebutkan periwayatan hadits. Dalam usia 16 tahun, ia telah menghafal hadits-hadits yang terdapat dalam karangan Ibnu Mubarak dan Wakil a-Jarrah.
Imam al-Bukhara berguru kepada lebih dari 1.000 orang. Menurut riwayat, Kitab al-Jami’ as-Sahih yang terkenal dengan sebutan Sahih Bukhari, disusun dengan menemui lebih dari 1.080 orang guru di bidang ilmu hadits. Guru-guru tersebut mulai dari para ulama tabi’in hingga siswa-siswa yang belajar bersama dengan Imam al-Bukhari. Kitab Sahah Bukhari memuat 7.275 buah hadits dari sekitar 100.000 buah hadits yang diakuinya sahih. Hadits-hadits itu diakui ahli-ahli hadits masyhur lainnya sebagai hadits yang benar-benar sahih. Hal itu menunjukan ketelitian yang sangat tinggi.
Untuk mendapat keterangan yang lengkap tentang suatu hadits dan orang yang meriwayatkannya, Imam al-Bukhari melawat ke daerah Syam (Suriah), Al-Jazair, Basra, Kufah dan Baghdad. Ia juga menetap di Mekah dan Madinah selama enam tahun. Dari usaha tersebut, Imam al-Bukhari berhasil mengumpulkan kurang lebih 600.000 hadits dan 300.000 hadits diantaranya berhasil ia hafal. Hadits-hadits yang ia hafal tediri dari 200.000 hadits tidak sahih dan 100.000 hadits sahih.
Selain Sahih Bukhari, Imam Bukhari juga menulis beberapa karya lain, diantaranya adalah at-Tarikh as-Sagir, at-Tarikh al-Ausat, Tafsir al-Musnad al-Kabir, Kitab al-“Ilal, Kitab ad-Du’afa, Asami as-Sahab dan Kitab al-Kuna.
Kitab Sahih Bukhari telah diberi syarah (komentar) oleh beberapa ulama hadits, misalnya Kitab Fathul al-Bari yang ditulis oleh Ibnu Hajar al-Asqalani.

Sumber : Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam Jilid 2 untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Penulis : H. Darsono dan T. Ibrahim. Penerbit : PT. TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI SOLO. 2009.

0 comments:

Post a Comment