Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Singkat Imam Muslim

Imam Muslim lahir di Nisabur pada tahun 817 M dan meninggal tahun 875 M di kota yang sama. Nama lengkapnya adalah Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Nisaburi. Dalam rawi hadits, Bukhari dan Muslim sering disebut Syaikhoni (Dua Syaih).
Sejak usia 14 tahun, ia mendengarkan hadits-hadits dari syaik-syaikh di negerinya. Setelah itu, ia pergi ke Hijaz, Irak, Suriah, Mesir dan negeri-negeri lain untuk memperdalam ilmunya. Secara umum, guru-guru Imam Muslim sama dengan guru-guru Imam al-Bukhari. Akan tetapi, Imam Muslim pernah berguru kepada Imam al-Bukhari ketika ia datang ke Nisabur.

Karyanya yang terbesar adalah al-Jami’ as-Sahih Muslim yang lebih dikenal dengan sebutan Sahih Muslim. Hadits-hadits yang dimuat dalam Sahih Muslim adalah hadits yang telah disepakati dan disaring dari 300.000 hadits yang diketahuinya. Untuk memilih hadits itu, Imam Muslim menghabiskan waktu selama 15 tahun. Para ulama menempatkan kitab Sahih Muslim pada peringkat kedua sesudah Sahih Bukhari.
Sumber : Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam Jilid 2 untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Penulis : H. Darsono dan T. Ibrahim. Penerbit : PT. TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI SOLO. 2009.

Post a Comment for "Biografi Singkat Imam Muslim"