Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kompetensi Wajib Seorang Guru


Empat kompetensi yang harus di kuasai oleh guru adalah Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Sosial. Dari keempat kompetensi tersebut yang paling berat adalah kompetensi Kepribadian karena kompetensi ini berkaitan dengan akhlak, karakter, sifat dan kewibawaan. Selain itu kompetensi ini juga bisa disejajarkan dengan tugas guru sebagai pemberi keteladanan yang secara tidak langsung menyiratkan bahwa guru haruslah membimbing dan mendidik bukan hanya sekedar mengajar, melakukan apa yang diajarkan tidak hanya memenuhi kewajiban mengajarnya sehingga apa yang disampaikan bukan hanya sekedar omongan/ceramah di kelas namun absen dari praktek.

Ketiga kompetensi selain kepribadian, menurut saya cukup sedang dan saling mempengaruhi. Di mulai dari kompetensi profeional yaitu kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. Ketika seorang guru telah menguasai materi, kemampuan pedagogik dalam mengelola pembelajaran peserta didik menurut saya mudah. Mau dibawa kemana peserta didik, ketika pendidik/guru telah menguasai kompetensi profesional akan mudah dan terarah.

Terkait dengan kompetensi sosial, dengan berjalannya waktu akan muncul dan berkembang dengan sendirinya. Tuntutan keseharian ketika terjun di sekolah misal, mau tidak mau akan bertemu dengan guru dan peserta didik yang secara otomatis saling tegur sapa menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan. Dan ini disadari atau tidak membentuk kompetensi sosial.

Post a Comment for "4 Kompetensi Wajib Seorang Guru"