WHAT'S NEW?
Loading...

Biografi Singkat Al-Kindi

Biografi Singkat Al-Kindi - Abu Yusuf Ya`qub bin Ishak al-Kindi, itulah nama lengkap dari ilmuan muslim yang sering dipanggil dengan nama al-Kindi. Ia lahir di kota Basrah pada tahun 809 M. Ayahnya bernama Ishaq bin Saleh yang menjabat sebagai seorang Gubernur Kufah pada masa pemerintahan Khalifah al-Mahdi (775-785 M) sampai pada masa Khalifah Harun al-Rasyid (786-809 M). Sedangkan kakeknya benama al-Ash`ats bin Qais yang menjadi salah satu sahabat nabi.

Al-kindi adalah seorang yang tekun belajar. Ia dikirim oleh ayahnya ke Basrah yang waktu itu merupakan pusat ilmu pengetauan dan tempat berkumpulnya para ilmuan dari seluruh penjuru dunia untuk belajar kepada paara ilmuan muslim yang bermukim disana.

Disana ia menghafal al-Qur`an, mempelajari ilmu tata bahasa arab, ilmu hitung, ilmu fikih dan ilmu kalam. Namun ia lebih menyukai ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani sehingga ia sering disebut sebagai ahli filsafat muslim. Dan untuk bisa mengetahui ilmu dan filsfat Yunani, ia harus mengusai dua bahasa yaitu bahasa Yunani dan Syiria.

Setelah menamatkan belajar di Kufah, ia melanjutkan belajar ke Baghdad yang juga merupakan salah satu kota pusat ilmu pengetahuan. Disana ia terkenal dengan ilmuan muda. Namanya menjadi lebih terkenal ketika ia menjadi penengah antara dua golongan yang berselisih tentang masalah boleh tidaknya kaum muslim untuk mempelajari ilmu filsafat dari buku Yunani. Menurut pendapat mereka yang melarang, bahwa orang Yunani dalah orang yang mengutamakan akal dalam mencari kebenaran. Mereka khawatir kaum muslim akan terpengaruh oleh pemikiran mereka. Sedang mereka yang memperbolehkan berpendapat, bahwa larangan itu akan mempersempit dalam mencari kebenaran.

Menurut al-Kindi, kaum muslim boleh mempelajari buku-buku filsafat Yunani sepanjang yang mereka ambil adalah ilmu pengetahuan buakan idiologinya. Lebih jauh lagi al-Kindi mengingatkan bahwa ajaran ajaran filsafat berdasarkan akal pikiran manusia sedangkan agama berdasarkan wahyu. Sehingga dalil-dalil al-Qur`an lebih pasti dan meyakinkan daripada filosofi manusia.

Demikianlah Biografi tentang Tokoh Muslim Al-Kindi. Semoga tulisan tentang biografi singkat Al-Kindi ini bermanfaat. Terima Kasih telah berkunjung. Jangan lupa like dan share ya.

Sumber : Rahadian, H.F. 2007. SERI ILMUAN MUSLIM 4,cetakan ke-2. Jakarta Timur: CV Visindo Media Persada

0 comments:

Post a Comment