WHAT'S NEW?
Loading...

Pesan-Pesan Moderat Imam Syafi`i


Pesan-Pesan Moderat Imam Syafi`i - 6 Pesan Imam Syafi’i yang menunjukan bahwa Imam Syafi’i adalah orang yang moderat dan tak pernah mengklaim kebenaran berasal dari dirinya.

“Tiap-tiap masalah yang telah aku bicarakan, yang padanya ada hadits yang shahih dari nabi Saw menurut pandangan ahli hadits dan maksud hadits nabi berseberangan dengan apa yang telah aku tetapkan, maka aku akan ruju` (meralat) dari padanya, baik diwaktu hidupku atau sesudah matiku”.

‘Tiap-tiap yang telah berlaku dari sunah Rasululloh Saw, padahal berseberangan dengan madzhabku, maka tinggalkanlah olehmu madzhabku, karena yang demikian (hadits shahih) adalah madzhab yang sebenarnya”.

"Apabila kamu telah mendapai dalam kitabku ini sesuatau yang menyalahi akan sunnah RasulullohSaw, maka tinggalkanlah apa yang telah aku katakana”.

“Apabila telah shahih suatu hadits, itulah madzhabku”.

“Semua hadits yang shahih dari nabi Saw, maka itulah perkataanku walaupun kamu belum pernah mendengar hadits dariku”.

“Bahwasanya tiap-tiap ilmu pengetahuan yang aku ppelajari, aku ajarkan kepada orang banyakitu supaya disiarkannya, tetapi mereka janganlah memuji-muji (nenisbatkan) kepadaku).”

6 Pesan Imam Syafi’i di atas menunjukan bahwa Imam Syafi’i sangatlah moderat dalam arti beliau tidak pernah mengklaim kebenaran datang darinya, bahkan beliau pun akan meralat jika ada hadits yang lebih shahih.

Semoga pesan-pesan Imam Syafi’i di atas bisa memberikan manfaat untuk kita.

0 comments:

Post a Comment