WHAT'S NEW?
Loading...

Materi Leadership IPNU

Dalam acara MAKESTA (masa kasetiaan anggota) IPNU_IPPNU Banjarnegara yang dilaksanakan di Mandiraja pada tanggal 17-18 November 2012 kami banyak mendapat penetahuan dan pengalaman baru.

Salah satunya adalah tentang leadership (kepemimpinan). Slamet Purwanto yang ketika itu menajdi pemateri menjelaskan tentang syarat-syarat menjadi seorang leader (pemimpin). Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut :

a.       Pinter
b.      Bener
c.       Kober
d.      Mangler
e.      Seger

Kelima syarat tersebut saling berkaitan erat satu sama lainnya. Yang jika salah satunya hilang maka unsure kepemimpinannya pun hilng. Tak hanya butuh pinter tapi bener. Karena pinter tidak bener akan memunculkan hal-hal negative seperti korupsi. Begitupun tak hanya bener, tapi seoarang pemimpin dituntut untuk pinter. Contoh seorang anak yang diberi uang oleh ibunya untuk dibagi dengan adiknya. Kemudian dia menggunting uang tersebut menjadi dua. Mungikn secara lahir benar adanya tapi ini menandakan kebodohannya sehingga seorang pemimpin dituntut untuk pinter sekaligus bener.

Syarat yang ketiga adalah kober. Pemimpin apapun akan sukses jika ia tidak memikirkan kepentingan dirinya sendiri, yang mana jika ada hal yang berkaitan dengan sesuatu yang ia pimpin ia menyempatkan waktunya.

Kemudian mangler. Terus menerus, awet, semangat dan tidak mudah putus asa adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seoarang pemimpin.

Terakhir adalah seger. Tak ada artinya jika seorang pemimpin sering sakit-sakitan. Yang sedikit-sedikit kondisi tubuhnya terganngu.

Selain dari pada itu, beliau juga menjelaskan hal-hal yang harus dihindari oleh seorang leader. Yaitu, 5 M ; males, meneng, mutungan, mbudek dan mrenggono.

Males artinya tak ada semangat dan kemauan untuk melakukan tindakan. Meneng. Meneng disini artinya tak mempunyai  ide dan hanya ikut-ikutan. Mutungan, artinya sedikit-sedikit marah dan menyalahkan orang lain. Mbudek, artinya tak mendengarkan inspirasi dari yang dipimpin, ia cenderung otoriter dalam kepimpinannya. Mrenggono, kompilasi dari keempat hal sebelumnya. 

0 comments:

Post a Comment