WHAT'S NEW?
Loading...

Peristiwa-Peristiwa Pada Bulan Muharram


Sudah lama aku ingin menulis tentang peristiwa-peristiwa penting di dalam bulan Muharram atau yang sering disebut dengan bulan Asyura`. Sebenarnya Asyura’ ini berasal dari kata asyara atau asyirah yang berarti sepuluh. Yang berarti hari kesepuluh pada bulan Muharram.
 Pada hari tersebut disunahkan untuk berpuasa. Dimana pada hari itu Allah memuliakan Nabi-nabi dengan sepuluh kehormatan, yaitu :
1.       Diterimanya taubatnya Nabi Adam as.
2.       Dinaikannya Nabi Idris as. ke langit sebagai tanda Allah meninggikan derajatnya
3.       Berlabuhnya perahu Nabi Nuh as. setelah dilanda banjir bandang dengan 40 keluarga termasuk binatang saja yang selamat.
4.        Dilahirkannya Nabi Ibrahim dan diangkat sebagai khalilullah (kekasih Allah) serta diselamatkannya dari api yang dinyalakan oleh raja Namrud.
5.       Diterimanya taubat Nabi Daud, yang mana beliau telah mempunyai istri 99 dan ingin merampas istri orang lain. Ini menyebabkan suami istri tersebut berkecil hati, sehingga Allah menurunkan dua malaikat untuk menegur dan menyindir Nabi Daud. Dengan itu maka sadarlah Nabi daud dan segera memohon ampun kepada Allah.
6.       Diangkatnya nabi Isa ke langit, yang mana Allah telah menukarkan nabi Isa dengan Yahuza.
7.       Diselamatkannya Nabi Musa dari kejaran Nabi Fir`aun, yang dengan tongkatnya beliau mampu membelah laut menjadi dua.
8.       Ditenggelamkannya harta fir`aun, Haman dan Qorun karena kezalimannya.
9.       Dikeluarkannya Nabi Yunus dari perut ikan Nun setelah berada 40 hari di dalamnya.
10.   Dikembalikannya kerjaan Nabi Sulaiman.
 Selain peristiwa di atas juga ada satu peristiwa penting lagi yang terjadi pada tanggal 10 Muharram tepatnya pada tahun 61 H (680) yaitu kesyahidan Husain bin Ali, cucu Nabi Muhammad pada pertempuran Karbala.

0 comments:

Post a Comment