WHAT'S NEW?
Loading...

Empat Perguruan Tinggi Tertua yang Ada di Dunia Muslim


  1. Perguruan tinggi Nizhamiyah di Baghdad
            Perguruan tinggi Nizhamiyah di Baghdad berdiri pada tahun 455 / 1063. perguruan ini dilengkapi dengan perpustakaan yang sangat terpandang kaya raya di Baghdad yakni "Bait Al-Hikmah"yang dibangun oleh khalifah Al Makmum(813-833 M). salah seorang ulama besar yang pernah megajar disana adalah ahli pikir islam terbesar yaitu imam gazhali. perguruan tinggi ini hanya sempat bertahan hidup selama kurang lebih dua abad.

  1. Perguruan Tinggi Al Azhar di Kairo Mesir
            Perguruan ini dibangun oleh Amir Ubaedillah al-Mahdi yang menyebut dirinya Khalif Ubaidillah (909-934 M). PADA TAHUN 362 h/ 972 M panglima besar Juhari Al Siqili membangun perguruan tinggi Al Azhar dengan kurikulum yang berdasarkan ajaran sekte syiah.dan pada masa pemerintahan khlaif al hakim Biamrillah (996-1020 M), Ia pun membangun perpustakaan terbesar di al Qahirah untuk mendampingi perguruan tinggi Al Azhar yang diberi nama "bait al Hikmat" ( balai ilmu pengetahuan ) seperti nama perpustakaan terbesar di Baghdad. ternyata perguruan tinggi ini mampu hidup sampai kini yakni sejak abad ke 10 sampai abad ke 20. dan tampaknya akan tetap selamanya.


  1.  Perguruan Tingi Cordova
            Sejak berabad-abad sebelumnya Iberia terpandang sebagai daerah minus, berubah bagaikan disulap menjadi daerah yang makmur dan kaya raya dengan pembangunan bendungan - bendungan irigasi di sana sini menuruti contoh lembah sungai Nil dan Lembah Ephrate. dan kemudian Cordova menjadi pusat ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang gilang gemilang sepanjang zaman tengah.ada tahu 1214-1294 Roger Bacon seorang ahli pikir inggris terkenal menempatkan ibnu sina dan menganjurkan untuk mempelajari bahasa arabsebagai jalan satu-satunya untuk memperoleh pengetahuan yang dibikin kabur oleh salinan -salinan jelek.

4.   Perguruan Tinggi Kairwan Amir Nizam al-Muluk di Maroko
            Perguruan tinggi di Kairwan dikota Fez (Afrika Barat) dikenal dalam literatur di barat dengan karaoine. perguruan ini dibangun pada tahun 859 M oleh puteri seorang saudagar hartawan di Fez yang berasal dari Kairwan. pada tahun 305 H (918 M) perguruan ini diserahkan kepada pemerinah dan sejak itu menjadi perguruan tinggi resmi yang perluasan dan perkembangannya di bawah pengawasan dan pembiayaan negara. erguruan ini tetap hidup sampai
Sumber : Dari materi Bapak Ali Mu`tafi , Metode Study Islam

0 comments:

Post a Comment