Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makna Filosofis Lambang Negara Indonesia

Setiap bangsa pasti mempunyai lambang untuk menggambarkan keadaan negaranya. Begitupun dengan indonesia, negara yang kita cintai ini juga mempunyai lambang yang penuh dengan makna filosofis. Diantara lambang itu adalah gambar garuda pancasila dan bhinneka tuggal ika.

Lambang garuda ini terispirasi dari kenyataan bahwa rakyat Indonesia sebelum merdeka menggunakan lambang ini untuk kelompoknya atau kerajaannya. Lambang ini banyak ditemukan pada artefak-artefak kerajaan, seperti pada pintu-pintu kerajaan, prasasti, cerita-cerita, ornamen dan lain sebagainya.

Lambang garuda ini menggambarkan tentang keberaniaian, kepedulian sosial, semangat berkorban, kesetiakawanan, loyalitas dan harapan, yang waktu itu adalah harapan suapaya perjalanan bangsa dan negara ke depan bisa berjalan dengan baik.

Lambang garuda ini digambarkan dengan menoleh ke kanan yang menunjukan keinginannya supaya bangsa ini seantiasa menjadi bangsa yang berorietasi pada kebaikan, yaitu bangsa yang berketuhanan dan bermoral luhur. Harapan akan kebaiakan ini sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yang didsarkan pada pancasila.

Tulisan "Bhinneka Tunggal Ika", yang dicengkeram burung garuda juga merupakan harapan supaya bangsa ini senantiasa bersatu. Semboyan ini dipilih karena mempunyai arti berbeda-beda namun tetap satu. Hal ini menggambarkan pengakuan adanya perbedaan suku, ras, agama, namun bisa menyatu dalam satu tujuan, yaitu bernegara Indonesia.

Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" ini diperoleh dari kitab Sutasoma, suatu kitab politik tradisional jawa. 

Post a Comment for "Makna Filosofis Lambang Negara Indonesia"