Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Tempat Wisata di Banjarnegara

Banjarnegara, sebuah kabupaten yang terkenal dengan Dawet Ayu nya ternyata mempunyai beragam tempa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kabupaten yang sering disebut dengan kota gilar-gilar ini terletak paling ujung timur dalam Karisedenan Banyumas.
Banjarnegara merupakan salah satu kebupaten yang cukup populer dengan Wisata Arung Jeramnya. Dan bagi siapa saja yang pengin berwisata di Banjarnegara, bisa menyimak Tempat Wisata Banjarnegara sebagai referensinya. Okey deh langsung aja yu kita simak.
1.       Arung Jeram Sungai Serayu

Arum Jeram
Arum Jeram Sungai Serayu ini memulai star tepatnya di Desa Tunggara Kecamatan Sigaluh dengan alamat operator di Singamerta, masih di Kecamatan Sigaluh. Arum Jeram Sungai Serayu ini dibagi menjadi beberapa paket/ Rafting menurut jarang pengarungannya.
Paket
Star
Finish
Jarak
Waktu
Harga
Bojanegara
Bojanegara
Singamerta
14 KM
± 3 Jam
195.000
Randegan
Randegan
Singamerta
16 KM
± 3, 5 Jam
240.000
Tunggara
Tunggara
Singamerta
18 KM
± 4 Jam
250.000
Hemat
Hemat
Rejasa
10 KM
± 1,5 Jam
185.000
Ket. Harga adalah harga per orang dan minimal booking 5 orang.
Semua peket arum jeram mendapat fasilitas :
      ·          Peralatan pengarungan (Perahu, Dayung, Helm, Life Jacket standard internasional)
·         Transportasi lokal ke Lokasi Finish serta Retribusi
·         Kelapa muda
·         Snack
·         01x Makan siang / Makan Sore (tergantung jam pengarungan)
·         Asuransi
·         P3K
·         Sertifikat
·         Guide per perahu
·         Tempat Mandi dan Bilas

2.       Curug Pitu
Awal Masuk ke Curug Pitu
 Curug pitu ini tepatnya berada di Desa Kemiri Kecamatan Sigaluh. Walaupun belum setenar wisata Dieng atau Seruling Mas, namun tempat ini salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Disana kita akan merasakan hawa sejuk dan melihat panorama keindahan pemandangan alam. Sesuai namanya, kita akan menyaksikan wisata air terjun tingkat tujuh yang jarak antara curug satu dengan yang lain berjarak kira-kira 100 m.
3.       Surya Yudha Park
Water Park
Surya Yudha Park merupakan salah satu tempat wisata yang cukup banyak diminati terutama untuk berlibur keluarga. SYP dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menyenangkan, diantaranya adalah Hotel, Water Park, Karaoke, Outbond, Sport Center dan Wisata Manasik. Selain itu di SPY ini juga dilengkapi dengan patung Liberty dan Merlion.
4.       Seruling Mas
Gerbang Masuk 
Taman Rekreasi Margasatwa (TRMS) Seruling Mas terletak di kompleks Makam Ki Ageng Selamanik, di Lembah Sungai Serayu, kurang dari 1 kilo meter utara kota Banjarnegara. Sarana wisata yang ada di Taman Rekreasi Margasatawa Selamanik Seruling Mas antara lain : Taman satwa lengkap, kolam renang dengan waterboom-nya, Arena permainan anak, Panggung hiburan, Wisata arena pemancingan umum, juga terdapat Makam Ki Ageng Selomanik yang dikeramatkan.
5.       Kawah Candradimuka
Kawah Candradimuka
Kawah Candradimuka terletak di atas bukit dikelilingi pemandangan lembah alami yang  eksotis  khas Dataran Tinggi Dieng, sekitar 6 Kilometer dari kawasan Wisata utama Komplek Candi Arjuna, tepatnya di desa Pekasiran Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara.
Kawah ini termasuk kawah aktif, dari dalam kawah masih sering muncul semburan gas namun Tidak berbahaya. Kondisi kawah yang cukup Luas memudahkan pengunjung untuk melihat pemandangan Kawah Candradimuka beserta aktivitasnya dari berbagai sudut pandang dan jarak relatif dekat.
6.       Kawah Sikidang
Kawah Sikidang
Lokasi Kawah Sikidang Dieng ada di sebelah selatan Kawasan Wisata Dieng, Sekitar 800 meter dari Obyek Wisata Telaga Warna, atau sekitar 1,5 KM dari Lokasi Wisata Obyek Wisata Candi Arjuna.

7.       Candi Arjuna 
Candi Arjuna
Candi Arjuna adalah candi bercorak Hindu peninggalan abad ke-7 yang teguh menantang dinginnya cuaca di Daratan Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Mengunjungi Kompleks Candi Arjuna di ketinggian sekira 2.093 m dpl, mungkin dapat jadi pilihan wisata  budaya dan wisata alam sekaligus. Dibangun pada 809 M, Kompleks Candi Arjuna merupakan candi hindu tertua di Pulau Jawa dan tempat pemujaan Dewa Siwa.

8.       Candi Bima
madslihin. wisata banjarnegara
Candi Bima
Candi ini merupakan salah satu dari sederetan candi yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena di tepi jalan sebelum pintu masuk Kawah Sikidang. Anda bisa mengunjungi Candi Bima sebelum atau sesudah mengunjungi Kawah Sikidang. Candi Bima merupakan candi Hindu yang dibangun pada awal abad ke-9. Candinya nggak begitu besar dengan ukuran yang hanya 6 x 6 meter dengan tinggi 8 meter. 

9.       Candi Dwarawati
Candi Dwarawati
Candi Dwarawati terletak di lereng Gunung Prahu, tepatnya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Letak Candi Dwarawati memang cukup tersembunyi. Untuk menjangkaunya, pengunjung harus melewati pemukiman warga serta ladang kentang. Selain itu, ukurannya yang tak terlalu besar pun membuat keberadaannya sulit dilihat dari kejauhan. Candi ini memiliki ukuran panjang 5 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 6 meter.

10.   Candi Gatotkaca
wisata alam banjarnegara
Candi Gatotkaca
Candi Gatotkaca adalah salah satu candi Hindu yang berada di Dataran Tinggi Dieng, di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Candi ini terletak di sebelah barat Kompleks Percandian Arjuna, di tepi jalan ke arah Candi Bima, di seberang Museum Dieng Kailasa. Nama Gatotkaca sendiri diberikan oleh penduduk dengan mengambil nama tokoh wayang dari cerita Mahabarata.