RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Nama Sekolah : MTs Riyadussholihin
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 4 (satu)
Waktu : 2 x 40
menit (1 kali pertemuan)
Standar
Kompetensi : Melaksanakan Tata Cara Zakat
Kompetensi Dasar : Menjelaskan
Ketentuan Zakat Mal
Indikator :
1. Siswa memahami pengertian dan dalil zakat mal
2. Siswa
memahami syarat dan rukun zakat mal
3. Siswa memahami nisab dan waktu zakat mal
A. Materi Ajar (Materi Pokok)
1.
Pengetian
Zakat Mal
2.
Dalil
Zakat Mal
3.
Rukun
Zakat Mal
4.
Syarat
Wajib Zakat Mal
5.
Waktu
dan Nisab Zakat Mal
B. Metode Pembelajaran/ Model Pembelajaran
1.
PAIKEMI
(Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif,
Menyenangkan dan Islami)
2.
Metode
Diskusi
C. Tujuan Pembelajarn
1.
Peserta
didik memahami pengertian, dalil, rukun dan syarat wajib zakat mal
2.
Peserta
didik memahami waktu dan nisab zakat mal
D. Langkah-langkah
Pertemuan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pertama
|
Kegiatan
Awal (Pendahuluan)
1. Guru mengecek kesiapan belajar siswa dalam proses belajar
mengajar
2. Guru mengecek kehadiaran siswa dengan buku daftar hadir
3. Pendidik memandu peserta didik berdo’a sebagai pengembangan
karakter “relegius”.
4. Siswa menyimak penyampaian KD dari guru dengan antusias
5. Siswa dan guru bertanya jawab tentang pentingnya kompetensi ini dalam kehidupan sehari-hari
dengan antusias
Kegiatan Inti
-Eksplorasi
1.
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai pengertian zakat mal
2.
Siswa
menimak penjelasan guru tentang dalal zakat mal
-Elaborasi
1.
Siswa Membaca
Dalil Zakat Mal
2.
Siswa menyebutkan
Rukun Zakat Mal
3.
Siswa
menyebutkan Syarat Wajib Zakat Mal
4.
Siswa
menyebutkan waktu dan nisab zakat mal
-Konfirmasi
1.
Guru
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan. Isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2.
Siswa dan
guru membuat rangkuman, simpulan
materi hari itu, dengan tanggung jawab.
3.
Siswa dan
guru melakukan refleksi untuk memperoleh pengalamn belajar yang dilakukan
dengan jujur.
4.
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar, memberikan motivasi kepda siswa yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir (Penutup)
1.
Siswa
bertanya jawab dengan guru mengenai materi yang belum dipahami
2.
Siswa
mendapat tugas di rumah untuk membuat rangkuman dan mencatat hal-hal pokok
mengenai zakat mal
3.
Guru
menyampaikan rencana pertemuan berikutnya.
|
10’
60’
10’
|
E. Penilaian
1.
Teknik
: Tes Lisan
2.
Bentuk
Instrumen : Membuat Rangkuman / Simpulan
Penghitungan
nialai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
|
Perolehan
Skor
|
Nilai
Akhir =
|
....................
x Skor Ideal (100) = .....
|
|
Skor
Maksimum (8)
|
F. Bahan/sumber belajar
1.
Buku
Fiqih SKI kelas VIII MTs
2.
Buku
Fiqih
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Redy Priyanto, S.Ag.
NIP.
|
Guru Mata Pelajaran
Mad Solihin
NIP.
|
Tags
Contoh RPP