Contoh RPP Fiqih

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Nama Sekolah           : MTs Riyadussholihin
Mata Pelajaran          : Fiqih
Kelas/Semester          : VIII/ 1 (satu)
Pertemuan ke            : 4 (satu)
Waktu                                    : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :  Melaksanakan Tata Cara Zakat
Kompetensi Dasar     : Menjelaskan Ketentuan Zakat Mal
Indikator                    : 1. Siswa memahami pengertian dan dalil zakat mal
                                      2. Siswa memahami syarat dan rukun zakat mal
                                      3. Siswa memahami nisab dan waktu zakat mal
A.     Materi Ajar (Materi Pokok)
1.      Pengetian Zakat Mal
2.      Dalil Zakat Mal
3.      Rukun Zakat Mal
4.      Syarat Wajib Zakat Mal
5.      Waktu dan Nisab Zakat Mal

B.      Metode Pembelajaran/ Model Pembelajaran
1.      PAIKEMI (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami)
2.      Metode Diskusi

C.      Tujuan Pembelajarn
1.      Peserta didik memahami pengertian, dalil, rukun dan syarat wajib zakat mal
2.      Peserta didik memahami waktu dan nisab zakat mal

D.     Langkah-langkah
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pertama
Kegiatan Awal (Pendahuluan)
1.  Guru mengecek kesiapan belajar siswa dalam proses belajar mengajar
2.  Guru mengecek kehadiaran siswa dengan buku daftar hadir
3.  Pendidik memandu peserta didik berdo’a sebagai pengembangan karakter “relegius”.
4.  Siswa menyimak penyampaian KD dari guru dengan antusias
5.  Siswa dan guru bertanya jawab tentang pentingnya  kompetensi ini dalam kehidupan sehari-hari dengan antusias

Kegiatan Inti
-Eksplorasi
1.      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pengertian zakat mal
2.      Siswa menimak penjelasan guru tentang dalal zakat mal
-Elaborasi
1.      Siswa Membaca Dalil Zakat Mal
2.      Siswa menyebutkan Rukun Zakat Mal
3.      Siswa menyebutkan Syarat Wajib Zakat Mal
4.      Siswa menyebutkan waktu dan nisab zakat mal
-Konfirmasi
1.      Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan. Isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2.      Siswa dan guru membuat  rangkuman, simpulan materi hari itu, dengan tanggung jawab.
3.      Siswa dan guru melakukan refleksi untuk memperoleh pengalamn belajar yang dilakukan dengan jujur.
4.      Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, memberikan motivasi kepda siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan akhir (Penutup)
1.      Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai materi yang belum dipahami
2.      Siswa mendapat tugas di rumah untuk membuat rangkuman dan mencatat hal-hal pokok mengenai zakat mal
3.      Guru menyampaikan rencana pertemuan berikutnya.
10’












60’
























10’







E.      Penilaian
1.      Teknik                    : Tes Lisan
2.      Bentuk Instrumen : Membuat Rangkuman / Simpulan

Penghitungan nialai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :

Perolehan Skor
Nilai Akhir =
.................... x Skor Ideal  (100) = .....

Skor Maksimum (8)


F.       Bahan/sumber belajar
1.      Buku   Fiqih SKI kelas VIII MTs
2.      Buku Fiqih



Mengetahui,
Kepala Sekolah



Redy Priyanto, S.Ag.
NIP.

Guru Mata Pelajaran



Mad Solihin
NIP.

Post a Comment

Previous Post Next Post