CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs N Kalibeber
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas /Semester :
VII/Gasal
Sub Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit (2 X TATAP MUKA)
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya. Indikator:
1. Mengagumi
…. sebagai …….. Tuhan
2,1 Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan
pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi. Indikator:
1. Memiliki
rasa ingin tahu
2. Menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
3.1 Mendeskripsikan
sifat-sifat …., pembentukan …., serta aplikasinya dalam….. menjelaskan…
Indikator:
1> Menjelaskan proses pembentukan …..
2> menjelaskan kegunaan ……
3> menguraikan ……
4> menjelaskan penyebab …… dan cara mengatasinya
5> membedakan ………
4.1Membuat laporan hasil penyelidikan
tentang ………. Indikator:
1> menyajikan laporan sederhana hasil pengamatan ………
2> melakukan tes ………
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1)
Diberikan kesempatan mengamati…….., pesdik menunjukkan kekaguman terhadap ……..
2)
Pesdik menunjukkan ketekunan dalam melakukan pengamatan dan
menuliskan laporan ……
3)
Pesdik menunjukkan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik
secara individu maupun berkelompok
4)
Diberikan gambar ….,
5)
Diberikan gambar ……., pesdik dapat menjelaskan fungsi
bagian-bagiannya
6)
Pesdik dapat membuat laporan sederhana hasil pengamatan …….
7)
Diberikan alat tes, pesdik dapat menyelidiki ………
C. MATERI PEMBELAJARAN
1.
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : CTL
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode : Ceramah dan diskusi 7
E.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
1)
Benda-benda yang sesuai
2. Alat dan Bahan (untuk setiap kelompok)
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
No
|
Jumlah
|
1.
|
|
|
6
|
|
2.
|
|
|
7
|
|
3.
|
|
|
8
|
|
4.
|
|
|
9
|
|
5.
|
|
|
10
|
|
3. Sumber Belajar
a)
Buku Pesdik
b)
LKS
c)
Benda-benda yang sesuai
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
1)
Pemusatan perhatian dan pemotivasian: ……….
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang ……..
3)
Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti ( 60 menit )
1)
Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan pesdik
dalam kelompok (mengamati …..dan
menghasilkan laporan pengamatan,.....).
2)
Membagi siswa dalam kelompok (5-6 siswa/kelompok) dan
mendistribusikan alat dan bahan kepada kelompok.
3)
Membimbing kelompok dalam melakukan pengamatan terhadap …..,
menggambarkan hasil pengamatannya, dan mengidentifikasikan perbedaannya
4)
Membimbing kelompok merumuskan pertanyaan (questioning), ……
5)
Membimbing kelompok menemukan bagian esensi ……
6)
Membimbing kelompok mengamati ………
7)
Membimbing kelompok menyajikan hasil pengamatan…….,
8)
Memberi kesempatan kelompok untuk mempresentasikan hasilnya dan
ditanggapi
kelompok lain, dan menemukan simpulan bersama tentang perbedaan
9)
Catatan: sembari melakukan proses pembimbingan, guru melakukan
penilaian sikap dengan dipandu instrumen lembar penilaian sikap
10)
Memberikan kesempatan pesdik untuk membaca dan menggarisbawahi
kata-kata penting,
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
1)
Bersama pesdik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta
mendorong pesdik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan ……...
2)
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk
penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
G.
PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
·
Portofolio
|
·
Panduan Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh
Instrumen
a. Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
|
1.
|
mengagumi ………
|
|
|
|
|
|
2.
|
memiliki
rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
|
3.
|
menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Megagumi ……..
|
1.
menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap……..
2.
belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap……….
|
2.
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif
dalam kegiatan kelompok
2.
Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu
antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3.
Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3.
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
|
1.
tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa
dilakukan, berupaya tepat waktu.
2.
berupaya tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3.
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
Kalibeber, 19
September 2014
Mengetahui Guru Mapel
Kepala MTs N Kalibeber
…………………………….. …………………………………
Tags
Contoh RPP