CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : MTs N Kalibeber
Mata Pelajaran            : Fikih
Kelas /Semester           : VII/Gasal
Sub Materi Pokok       :
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit (2 X TATAP MUKA)

A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,  kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya. Indikator:

 1. Mengagumi …. sebagai …….. Tuhan

2,1 Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
      dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi. Indikator:

1. Memiliki rasa ingin tahu
2. Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

       3.1 Mendeskripsikan sifat-sifat …., pembentukan …., serta aplikasinya dalam….. menjelaskan…
            Indikator:

1> Menjelaskan proses pembentukan …..
2> menjelaskan kegunaan ……
3> menguraikan ……
4> menjelaskan penyebab …… dan cara mengatasinya
5> membedakan ………
      
       4.1Membuat laporan hasil penyelidikan tentang ……….  Indikator:

1> menyajikan laporan sederhana hasil pengamatan ………
2> melakukan tes ………

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1)      Diberikan kesempatan mengamati…….., pesdik  menunjukkan kekaguman terhadap ……..
2)      Pesdik menunjukkan ketekunan dalam melakukan pengamatan dan menuliskan laporan ……
3)      Pesdik menunjukkan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
4)      Diberikan gambar ….,
5)      Diberikan gambar ……., pesdik dapat menjelaskan fungsi bagian-bagiannya
6)      Pesdik dapat membuat laporan sederhana hasil pengamatan …….
7)      Diberikan alat tes, pesdik dapat menyelidiki ………


C. MATERI PEMBELAJARAN
1.       
D.  METODE PEMBELAJARAN
      Pendekatan            : CTL
      Model        : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
      Metode      : Ceramah dan diskusi 7
E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.  Media
1)      Benda-benda yang sesuai
2.  Alat dan Bahan (untuk setiap kelompok)

No.
Jenis
Jumlah
No
Jumlah
1.


6

2.


7

3.


8

4.


9

5.


10

3.  Sumber Belajar
a)      Buku Pesdik
b)      LKS
c)      Benda-benda yang sesuai
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
  1.         Pendahuluan ( 10 menit )
1)      Pemusatan perhatian dan pemotivasian: ……….
2)      Apersepsi: bertanya jawab tentang ……..
3)      Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran
  2.         Kegiatan Inti ( 60 menit )
1)      Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan pesdik  dalam kelompok (mengamati …..dan menghasilkan laporan pengamatan,.....).
2)      Membagi siswa dalam kelompok (5-6 siswa/kelompok) dan mendistribusikan alat dan bahan kepada kelompok.
3)      Membimbing kelompok dalam melakukan pengamatan terhadap ….., menggambarkan hasil pengamatannya, dan mengidentifikasikan perbedaannya
4)      Membimbing kelompok merumuskan pertanyaan (questioning), ……
5)      Membimbing kelompok menemukan bagian esensi ……
6)      Membimbing kelompok mengamati ………
7)      Membimbing kelompok menyajikan hasil pengamatan…….,
8)      Memberi kesempatan kelompok untuk mempresentasikan hasilnya dan ditanggapi
kelompok lain, dan menemukan simpulan bersama tentang perbedaan
9)      Catatan: sembari melakukan proses pembimbingan, guru melakukan penilaian sikap dengan dipandu instrumen lembar penilaian sikap
10)  Memberikan kesempatan pesdik untuk membaca dan menggarisbawahi kata-kata penting,

Kegiatan Penutup ( 5 menit )
1)      Bersama pesdik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong pesdik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan ……...
2)      Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik

G. PENILAIAN
1.  Teknik dan Bentuk Instrumen

Teknik
Bentuk Instrumen
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik

·         Tes Unjuk Kerja

·         Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

·         Tes Tertulis

·         Tes Uraian dan Pilihan

·         Portofolio
·         Panduan Penyusunan Portofolio


2. Contoh Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1.       
 mengagumi ………




2.       
memiliki rasa ingin tahu




3.
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Megagumi ……..
1.      menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap……..
2.      belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap……….


2.
Menunjukkan rasa ingin tahu
  1.         Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
  2.         Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
  3.         Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
  1.         tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
  2.          berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
  3.         Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai


                                                                                                Kalibeber, 19 September 2014
                        Mengetahui                                                                 Guru Mapel
               Kepala MTs N Kalibeber



            ……………………………..                                      …………………………………

Post a Comment

Previous Post Next Post