WHAT'S NEW?
Loading...

Arti dan Rahasia Wartegg Test (Psikotest)

Materi ini adalah materi kuliah saya di kampus dengan nama Skolastik. Materi yang mengajarkan banyak hal tentang tes-tes ketika mau melamar pekerjaan. Materi ini saya dapatkan di semester VI dengan dosen pengampu Bapak Mustangin. Di akhir pertemuan beliau memberikan beberapa file materi yang telah diajarkan termasuk materi warteg ini. 
Dari bahasa tulisan dibawah ini saya menyadari bahwa materi ini bukan Bapak Mustangin yang membuat. Kemungkinan bisa dowload ataupun di beri oleh teman. Kalau masalah menguasi materi, tak diragukan lagi beliau telah berpengalaman dan tentu sangat paham.
Nah karena ini mungkin bukanlah Pak Mustangin yang membuat, maka jika ada yang merasa postingan ini mengmbil atau copas milik anda atau siapapun, silahkan segera menghubungi di form kontak agar saya bisa menindaklanjuti atas keberatanan anda.
Motif saya memposting :
(1) Untuk mengingat yang jika suatu saat saya memerlukan mudah mencarinya. Kenapa, karena internet bisa diakses dimanapun. Berbeda kalau di netbook, iya kalau dibawa, kalau tidak. Masalahkan?
(2) Untuk berbagi. Setidaknya postingan ini bisa bermanfaat untuk orang lain. Kalaupun tidak ada, maka cukuplah bermanfaat untuk diriku sendiri. 
Itu sedikit pengantar mengenai postingan berikut. Mungkin tidak penting bagi kalain tetapi penting bagi saya. Selamat membaca. Dan semoga bermanfaat. 

***

Bagi anda yang penah mengikuti psikotest, ada jenis soal gambar seperti berikut ini (biasanya test ini salah satunya ada dalam test psikotest penerimaan pegawai baru sebuah perusahaan)
Contoh Soal tampak pada gambar dibawah ini :

Hasil Prt Sc SysRq + Fn (Scrensot di Netbook)

Isi dari masing2 gambar :
gbr 1. berupa titik ditengah kotak : ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan
gbr 2. berupa ~ tp berada di kotak sebelah kiri : menunjukkan fleksibilitas perasaan.
gbr 3. berupa 3 garis horisontal dr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ ambisi
gbr 4. berupa kotak kecil di sebelah kanan : mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan
gbr 5. seperti huruf T tp miring (susah gambarin nya) : mengukur bagaimana cara bertindak.
gbr 6. berupa garis horisontal & vertikal : mengukur cara berpikir / analisa & sintesa
gbr 7. berupa titik2 : menyangkut kehidupan dan perasaan ( apakah sudah stabil, kekanakan)
gbr 8. berupa lengkungan : mengenai kehidupan sosial/ hubungan social
Dalam psikotest itu dinamakan Wartegg Test. Ada 8 kotak berisi lambang aneh ( bentuk yang harus diselesaikan ) Test ini untuk mengukur emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Dalam test ini, kita diminta untuk melengkapi gambar yang ada di kotak-kotak tersebut ( 4 garis lurus & 4 garis lengkung ). Setelah itu, kita diminta untuk mengurutkan gambar dalam kotak nomor berapa yang terlebih dahulu dibuat dan memberi nama gambar. Kemudian kita diminta menuliskan gambar mana yang paling mudah, paling sulit, paling disukai dan tidak disukai.

Dari cara menggambar ini bisa dilihat kepribadian seseorang. Apa yang kita gambarpun ‘konon’ juga menunjukkan kepribadian dan kemampuan IQ kita.
Namun, psikotest tersebut hanyalah buatan manusia untuk mengetahui kepribadian secara umum.


Berikut ini contoh aplikasinya sesudah di berikan bentuk menurut imaginasi dari seseoarang yang mengikuti tes ini :
Hasil Scrensot pada Dokument Word
Hasil Scrensot pada Dokument Word
Tes menggambar ini (wartegg) tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian anda dari cara menggambar dan apa yang anda gambar.
Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII). Yang perlu anda ingat adalah untuk garis lengkung sebaiknya anda menggambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya anda menggambar benda mati. Jika anda menggambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian anda.
Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal : jika saat mengambar anda terlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa anda adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan jika anda menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti anda termasuk orang yang keras kepala.
Apa yang anda gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ anda. Jika anda menggambar sesuatu yang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika anda menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan”

Namun demikian, tes psiko hanyalah merupakan suatu alat buatan manusia untuk mengetahui kepribadian seseorang secara umum saja. Kesimpulan yang dihasilkannya boleh jadi berbeda dengan kepribadian yang sesungguhnya. Hal ini diakui oleh para psikolog sendiri bahwa tidak ada satu pun tes di jagad raya ini yang benar-benar akurat dapat menilai kemampuan dan kepribadian seseorang.
Semoga Bermanfaat. 

2 comments: Leave Your Comments

  1. yupzzz karna setiap manusia bisa berubah

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum, selamat sore pak..
    menurut saya maksud bapak membuat tulisan ini adalh cukup bgus, yaitu untuk antisipasi kalau suatu hari anda membutuhkannya namun netbook atau perangkat lain yang anda gunakan tertinggal, namun (mohon maaf sebelumnya) ini adalah salah satu alat tes psikologi yang sudah tentu harus dijaga kerahasiaannya demi mencegah hal-hal berupa manipulasi atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. dari tulisan anda saya melihat ada beberapa kalimat yang dapat mempengaruhi interpretasi psikolog nantinya.

    untuk itu, agar anda masih tetap dapat menulis dan data yang anda butuhkan tetap ada disaat anda butuhkan, saya sarankan anda menyimpannyadi penyimpanan online, seperti "google drive" sehingga anda dapat menjangkaunya kapanpun dan dimanapun hanya melalui jaringan internet...
    terimakasih atas pengertiannya, dan saya minta maaf apabila ada kesalahan dalam kritik dan saran yang saya tulis ini
    wassalam...

    ReplyDelete