RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Nusantara Wonosobo
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam – BTQ
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Menerapkan
Hukum Tajwid dalam membaca Al-Qur’an
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menjelaskan Hukum Bacaan mad
dalam membaca Al-Qur’an
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 Menit ( 1 Pertemuan)
|
A. Indikator
·
Menjelaskan pengertian mad
·
Menyebutkan pembagian mad
·
Meberikan contoh bacaan hukum mad
yang terdapat dalam Al-Qur’an
B.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat memahami pengertian dan pembagian mad.
C. Karakter siswa yang diharapkan :
·
Percaya Diri
·
Rasa ingin tahu
D.
Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
mad
·
Pembagian
mad
E.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya
jawab
·
CTL
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru bertanya mengenai ilmu
tajwid.
·
Guru memotivasi siswa
mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
b. Kegiatan
Inti
1) Eksplorasi
·
Guru menjelaskan pengertian dan serta pembagian mad.
2)
Elaborasi
·
Guru menjelaskan
ketentuan-ketentuan bacaan mad serta pembagiannya.
3) Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
c.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
G.
Sumber Belajar
·
Al-Qur’an dan terjemahannya
·
Buku Tajwid
·
Kitab Yanbu’a jilid1-7
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.
§ Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.
§ Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf dan
contoh-contohnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian hukum
bacaan Mad!
§ Sebutkan macam-macam mad!
§ mad jaiz munfashil adalah:
a. حُنَفَآءَ
b. فِيْۤ
أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ
c. وَلاَ
تَحَآضُّوْنَ
d. بِأَصْحَابِ
الْفِيْلِ
|
Mengetahui,
Kepala SMP Nusantara
Kustriyono,M.Pd.
NIP. 197001004 20051 1 008
|
Wonosobo, 1 September 2015
Guru Pamong
Ufi Undiyah, S.Pd.I
NIP. ....
|
Guru
Praktek Pendidikan Agama Islam
Afit
Aminudin
|
Tags
Contoh RPP