RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Nusantara Wonosobo
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam – BTQ
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Menerapkan
Hukum Tajwid dalam membaca Al-Qur’an
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menerapkan hukum bacaan mim
sukun dalam membaca Al-Qur’an
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 Menit ( 1 Pertemuan)
|
A. Indikator
·
Menyebutkan pembagian hukum bacaan
mim sukun
·
Mennjelaskan pengertian
masing-masing pembagian hukum bacaan mim sukun
·
Meberikan contoh bacaan hukum
bacaan mim sukun yang terdapat dalam Al-Qur’an
B.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat memahami pengertian dan pembagian mad.
C. Karakter siswa yang diharapkan :
·
Demokratis
·
Komunkatif
·
Rasa ingin tahu
D.
Materi
Pembelajaran
·
Hukum bacaan mim sukun
E.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya
jawab
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru bertanya mengenai ilmu
tajwid.
Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya
b. Kegiatan inti
·
Menyebutkan pembagian hukum bacaan mim sukun
secara demokratis
·
Mendiskusikan pengertian masing-masing
pembagian mim sukun secara komunikatif
·
Mencari contoh hukum bacaan mim sukun didalam
Al-Qur’an dengan rasa ingin tahu.
c.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
G.
Sumber Belajar
·
Al-Qur’an dan terjemahannya
·
Buku Tajwid
·
Kitab Yanbu’a jilid1-7
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Sebutkan
pembagian hukum bacaan mim sukun.
§ Jelaskan
pengertian masing-masing pembagian hukum bacaan mim sukun.
§ Buatlah
contoh kalimat yang mengandung hukum bacaan mim sukun.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP Nusantara
Kustriyono,M.Pd.
NIP. 197001004 20051 1 008
|
Wonosobo, 1 September 2015
Guru Pamong
Ufi Undiyah, S.Pd.I
NIP. ....
|
Guru
Praktek Pendidikan Agama Islam
Afit
Aminudin
|
Tags
Contoh RPP