RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Nusantara Wonosobo
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam – BTQ
|
Kelas /Semester
|
:
|
VII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengenal
huruf-huruf hijaiyah dan sifat-sifatnya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menerapkan makhorijul huruf dalam membaca Al-qur’an
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 Menit ( 1 Pertemuan)
|
A. Indikator
·
Menjelaskan
pengertian makharijul huruf
·
Menyebutkan
pembagian makharijul huruf dan pengertian masing-masing
·
Mengklasifikasikan
huruf hijaiyah ke dalam pembagian makharijul huruf
·
Menjelaskan
pengertian sifat-sifat huruf
·
Menyebutkan
macam-macam sifat huruf hijaiyah dan klasifikasi hurufnya
·
Menjelaskan
pngertian masing-masing pembagian sifat-sifat huruf
·
Menjelaskan
pengertian isti’la
·
Menyebutkan
huruf-huruf isti’la
B.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat memahami pengertian dan pembagian makhorijul
huruf, sifat-sifat dan huruf Isti’la’
C. Karakter siswa yang diharapkan :
·
Demokratis
·
Komunkatif
·
Rasa ingin tahu
D.
Materi
Pembelajaran
·
Hukum Makhorijul Huruf
E.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya
jawab
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru bertanya mengenai makhorijul
huruf
Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar makhorijul huruf dan manfaatnya
b. Kegiatan inti
·
Menjelaskan pengertian
makhorijul huruf dengan rasa ingin tahu
·
Mendiskusikan pembagian
makhorijul huruf dan mengklasifikasikan huruf hijaiyah kedalam pembagian
makhorijul huruf dengan bantuan buku panduan dengan kerja keras
·
Menjelaskan pengertian
sifat huruf dengan percaya diri
·
Mendiskusikan macam-macam
sifat huruf hijaiyah dan klasifikasi hurufnya dengan bantuan guru dengan
demokratis
·
Menjelaskan pengertian
masing-masing pembagian sifat-sifat huruf dengan percaya diri
·
Mesdiskusikan pengertian
isti’la dan menyebutkan huruf-huruf isti’la dengan bimbingan guru secara
demokratis
c.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
G.
Sumber Belajar
·
Al-Qur’an dan terjemahannya
·
Buku Tajwid
·
Kitab Yanbu’a jilid1-7
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian makharijul huruf
§ Jelaskan sifat-sifat
huruf
§ Jelaskan macam-macam Huruf Isti’la’
§ Buatlah
contoh kalimat yang mengandung hukum bacaan mim sukun.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian makharijul huruf menurut bahasa dan
istilah
§ Sebutkan macam-macam makhorijul huruf beserta klasifikasi
hurufnya
§ Jelaskan pengertian sifat huruf hijaiyah
§ Sebutkan macam-macam sifat huruf hijaiyah
§ Jelaskan pengertian isti’la
§ Sebutkan huruf-huruf isti’la
|
Mengetahui,
Kepala SMP Nusantara
Kustriyono,M.Pd.
NIP. 197001004 20051 1 008
|
Wonosobo, 25 Agustus 2015
Guru Pamong
Ufi Undiyah, S.Pd.I
NIP. ....
|
Guru
Praktek Pendidikan Agama Islam
Afit
Aminudin
|
Tags
Contoh RPP