Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas
Pengertian Penelitian Tindakan
Penelitian tindakan adalah bentuk inkuiri atau penyelidiakan yang dilakukan melalui refleksi diri.
Penelitian tindakan dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti misal guru, kepala sekolah.
Penelitian tindakan dilakukan dalam situasi sosial, termasuk situasi pendidikan.
Penelitian tindakan adalah memperbaiki.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian : kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti.
Tindakan : suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan untuk siswa.
Kelas : sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama. Kelas dalam pengertian ini tidak terikat pada pengertian ruang.
PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat

Karakteristik PTK
-) Adanya masalah
-) Self –reflective inquiry
-) Dilakukan dalam kelas
-) Memperbaiki pembelajaran

Perbedaan PTK dan  Penelitian Kelas
Perbedaan PTK dan Penelitian Kelas
PTK dan Penenelitian Formal
PTK dan Penelitian Formal

MANFAAT dan KETERBATASAN PTK
Manfaat bagi guru
            1. Untuk memperbaiki pembelajaran
            2. Untuk peningkatan profesional
            3. Guru lebih percaya diri
            4. Guru dapat mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sendiri
Manfaat bagi siswa
            1. Hasil belajar meningkat
            2. Guru dapat menjadi model bagi siswa
Manfaat bagi sekolah
Kondusifnya iklim pendidikan disekolah yang ditandai          dengan peningkatan kemampuan profesional guru dan perbaikan pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Keterbatasan PTK
            1. Validasi PTK masih dipertanyakan
            2. Generalisasi tidak dapat digeneralisasi

LANGKAH LANGKAH PTK
1) Mengidentifikasi masalah
a.      Apa yang sedang terjadi di kelas saya
b.      Masalah apa yang ditimbulkan oleh kejadian itu
c.       Apa pengaruh masalah tersebut bagi kelas saya
d.      Apa yang akan terjadi bila masalah tersebut saya biarkan
e.      Apa yang dapat saya lakukan untukmengatasi masalah tersebut atau memperbaiki situasi  yang ada
2) Menganalisis dan merumuskan masalah
3) Merencanakan PTK/perbaikan
            a. Ditempuh dengan dalam bentuk hipotsis tindakan
            b. Analisi kelayakan hipotesis tindakan
4) Melaksanakan PTK
            a. Menyiapkan pelaksanaan
            b. Melaksanakan Tindakan

Kaidah PTK
                          1.  Metodologi penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
                          2.  Pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlalu banyak
                          3.  Metodologi harus reliabel ( handal) shg guru dapat menerapkan strategi   yang sesuai dengan situasi kelasnya
                          4.  Masalah yang ditangani guru harus sesuai dengan kemampuan dan komitmen
                          5.  Guru harus memperhatikan berbagai aturan (etika) yang berkaitan dengan tugasnya

                          6.  PTK harus mendapat dukungn dari masyarakat sekolah

Post a Comment

Previous Post Next Post