Penelitian tindakan adalah bentuk inkuiri atau
penyelidiakan yang dilakukan melalui refleksi diri.
Penelitian tindakan dilakukan oleh peserta
yang terlibat dalam situasi yang diteliti misal guru, kepala sekolah.
Penelitian tindakan dilakukan dalam situasi
sosial, termasuk situasi pendidikan.
Penelitian tindakan adalah memperbaiki.
Pengertian
Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian : kegiatan mencermati suatu objek
dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data
yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan
penting bagi peneliti.
Tindakan : suatu gerak kegiatan yang sengaja
dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus
kegiatan untuk siswa.
Kelas : sekelompok siswa yang dalam waktu yang
sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama. Kelas dalam pengertian
ini tidak terikat pada pengertian ruang.
PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru
di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk
memperbaiki kinerja kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat
Karakteristik
PTK
-) Adanya masalah
-) Self –reflective inquiry
-) Dilakukan dalam kelas
-) Memperbaiki pembelajaran
Perbedaan
PTK dan Penelitian Kelas
MANFAAT
dan KETERBATASAN PTK
Manfaat
bagi guru
1. Untuk memperbaiki pembelajaran
2. Untuk peningkatan profesional
3. Guru lebih percaya diri
4. Guru dapat mengembangkan
pengetahuan dan ketrampilan sendiri
Manfaat
bagi siswa
1. Hasil belajar meningkat
2. Guru dapat menjadi model bagi
siswa
Manfaat
bagi sekolah
Kondusifnya iklim pendidikan disekolah yang
ditandai dengan peningkatan
kemampuan profesional guru dan perbaikan pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Keterbatasan
PTK
1. Validasi PTK masih dipertanyakan
2. Generalisasi tidak dapat digeneralisasi
LANGKAH
LANGKAH PTK
1)
Mengidentifikasi masalah
a. Apa yang sedang terjadi di kelas saya
b. Masalah apa yang ditimbulkan oleh
kejadian itu
c. Apa pengaruh masalah tersebut bagi
kelas saya
d. Apa yang akan terjadi bila masalah
tersebut saya biarkan
e. Apa yang dapat saya lakukan untukmengatasi
masalah tersebut atau memperbaiki situasi
yang ada
2)
Menganalisis dan merumuskan masalah
3)
Merencanakan PTK/perbaikan
a. Ditempuh dengan dalam bentuk
hipotsis tindakan
b. Analisi kelayakan hipotesis
tindakan
4)
Melaksanakan PTK
a. Menyiapkan pelaksanaan
b. Melaksanakan Tindakan
Kaidah
PTK
1. Metodologi penelitian jangan sampai mengganggu
komitmen guru sebagai pengajar
2. Pengumpulan data jangan sampai menyita
waktu guru terlalu banyak
3. Metodologi harus reliabel ( handal)
shg guru dapat menerapkan strategi yang
sesuai dengan situasi kelasnya
4. Masalah yang ditangani guru harus
sesuai dengan kemampuan dan komitmen
5. Guru harus memperhatikan berbagai
aturan (etika) yang berkaitan dengan tugasnya
6. PTK harus mendapat dukungn dari
masyarakat sekolah
Tags
Catatan Kuliah