Pelanggan dalam Dunia Pendidikan |
Siapakah Pelanggan yang dimaksud dalam lembaga pendidikan ?
Ternyata tidak hanya dalam dunia pasar saja ya, di dalam lembaga
pendidikan juga ada yang namanya pelanggan. Terus siapakah yang di maksud
pelanggan di dalam lembaga pendidikan? Sudah tahukah anda siapa pelanggan di
dalam lembaga pendidikan ? Kalaau anda belum tahu siapa pelanggan di dalam
lembaga pendidikan, simak baik-baik ya tulisan berikut. Saya jamin anda akan
tercerahkan dan akan segera tahu siapa pelanggan di dalam lembaga pendidikan
itu. Hee
Di dalam dunia pendidikan sebagaimana dunia pasar ada yang namanya
pelanggan, namun antara pelanggan di dunia pendidikan dengan di dunia pasar
berbeda. Walaupun mungkin namanya sama. Dalam lembaga pendidikan, pelanggan di
bedakan menjadi 3 yaitu pelanggan Primer, pelanggan Sekeunder dan
pelanggan Tersier. Seperti nama kebutuhan saja ya. Terus apa arti dari ketiga
pelanggan dalam lembaga pendidikan tersebut.
1. Pelanggan Primer
Pelanggan primer dalam dunia pendidikan adalah mereka yang langsung
menerima jasa pendidikan. Pelanggan primer ini adalah peserta didik/siswa
yang berada di lembaga pendidikan tersebut.
2. Pelanggan Sekunder
Pelanggan sekunder dalam lembaga pendidikan ini adalah mereka yang
mendukung adanya pendidikan tersebut. Mereka adalah orang tua dan pemerintah.
3. Pelanggan Tersier
Pelanggan tersier dalam lembaga pendidikan adalah mereka yang
secara tidak langsung memiliki andil, tetapi peranannya sangat penting di dalam
dunia pendidikan tersebut. Pelanggan tersier dalam dunia pendidikan ini anatara
lain adalah pegawai, pemerintah dan masyarakat.
Nah, itulah yang dimaksud dengan pelanggan dalam dunia pendidikan. Sudah
paham siapa pelanggan di dalam lembaga pendidikan ?
Demikian paparan singkat mengenai pelanggan di dalam lembaga
pendidikan. Semoga bermanfaat J
Tags
Catatan Kuliah