WHAT'S NEW?
Loading...

Contoh Guru Profesional

Sumber : malukunews.co

Contoh Guru Profesional – Seperti apa Guru Profesional itu? Apa ciri-ciri guru profesional? Dalam tulisan ini admin akan sedikit menguraikan cara mengatur agar guru bisa bertidak secara profesional.

Guru Profesional perlu meningkatkan pengabdiannya terhadap pekerjaan mengajar. Seorang profesional harus mampu mengabdikan keahliannya untuk bekerja dan memberikan pelayanan dengan baik terhadap orang yang dilayaninya. Indikatornya adalah intensitas waktu yang dicurahkan.

Bagaimana cara guru memanfaatkan waktu supaya sebagian waktunya untuk tugas-tugas profesionalnya sehingga bisa disebut sebagai guru profesional?

Tidak dipungkiri bahwas setiap orang tentu mempunyai kesibukan dan urusannya sendiri-sendiri, termasuk mereka yang menjadi guru. Dan terkadang selain sebagai guru, mereka juga menjadi kepercayaan masyarakat dalam suatu hal sehingga suatu ketika waktunya terbentur dengan jadwal mengajar.

Menurut saya sebagai seorang guru yang profesional harus benar-benar mengatur waktunya agar tidak berbenturan dengan jadwal lain sehingga tugas mengajarnya tidak terabaikan. Diantara cara yang bisa dilakukan adalah :

a.       Menentukan Prinsip

Semisal ketika seorang guru mendapat jadwal mengajar hari rabu, maka ketika ada urusan yang hari rabu mau tidak mau harus di tolak, tentunya dengan cara yang halus karena sudah ada jadwal mengajar.

b.      Konfirmasi Ketidakhadiran

Adakalanya suatu urusan datang secara mendadak dan tidak bisa diwakilkan. Hal ini perlu disiasati dengan cara memberitahukan terhadap pihak sekolah dimana seorang guru mengajar dan seyogyanya memberikan tugas supaya waktu peserta didik tidak kosong.

Itulah diantara cara mengatur keprofesionalan guru dalam mengajar menurut saya yang tentunya, secara taktis di lapangan nantinya bisa fleksibel. Namun, setidaknya seorang guru sudah mempunyai pegangan atau prinsip yang manakala terjun di dunia nyata bisa menjadi landasan dalam menjalani profesinya. 

0 comments:

Post a Comment