Pengertian Perpustakaan dan Macam-Macam Pespustakaan

Perpustakaan
Pengertian Perpustakaan

Menurut bahasa, Perpustakaan berasal dari  kata pustaka yang artinya himpunan kitab-kitab. Ada beberapa ahli yang mengemukakan pengertaian  perpustakaan, menurut  Suatminah,  perpustakaan adalah : “Suatu unit kerja yang digunakan untuk menyimpan koleksi bahan pustaka yang dikelola dan diatur secara sistematika dengan cara tertentu untuk digunakan oleh pelakunya sebagai sumber informasi”

Sedangkan menurut Mulyani Achmad bahwa “perpustakaan merupakan suatu unit kerja ataupun namanya  yang  menyimpan koleksi buku, majalah, naskah dan koleksi dengar pandang”

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud  perpustakaan  adalah  pusat informsi yang berhubungan dengan segala  pendidikan baik yang bersifat intra kulikuler maupun kegiatan ekstra kulikuler.

Perpustakaan diatur secara sistematis maksudnya adalah buku yang berada  di perpustakaan tersebut  disusun suatu cara atau sistem tertentu untuk memudahkan para petugas dan pemakai perpustakaan, sehingga dapat menggunakan perpustakaan secara  teratur tertib dan tertata.

Macam-Macam Perpustakaan

Secara garis besar perpustakaan dapat digolongkan menjadi 5 macam, seperti yang dikatan Mulyani Achmad “Perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus, perpustakaan nasional” 

-) Perpustakaan umum
Perpustakaan umum untuk melayani semua lapisan masyarakat ,oleh sebab  itu  buku yang dikoleksi cukup beragam.

-) Perpustakaan sekolah (School Library)
            Perpustakaan Sekolah diselenggarakan untuk  memberi pelayanan kepada siswa dan guru  dalam rangka melaksanakan program belajar mengajar disekolah yang diharapkan dapat menunjang  dalam  mencapai tujuan pendidikan, perpustakaan  yang baik  sesuai  dengan kebutuhan  kegiatan belajar mengajar, itu berarti koleksi buku-buku yang ada harus mendukung kurikulum sekolah, adapun pemakaiannya terbatas  yaitu terhadap siswa dan guru di sekolah tersebut.
            Sesuai tingkatan pendidikan perpustakaan dapat dirinci  menjadi beberapa kelompok, antara lain :
·      Perpustakaan sekolah dasar
·      Perpustakaan Taman kanak-kank
·      Perpustakaan SLTP
·      Perpustakaan SLTA

-) Perpustakaan perguruan tinggi  (Universal Library)
            Perpustakaan ini diselenggarakan untuk mendukung kepentingan universitas agar dapat menunjang tri darma perguruan tinggi. Pemakainya  tidak hanya terbatas mahasiswa dan dosen, tetapi juga para karyawan  dan para peneliti yang biasa di sebut civitas akademika.

-) Perpustakaan Nasional ( National Library )
            Perpustakaan nasional yang diselenggarakan oleh suatu negara pada tingkat negara.

Post a Comment

Previous Post Next Post