WHAT'S NEW?
Loading...

Contoh Penulisan Kalimat Dialog yang Benar

Dalam beberapa kali penulisan, saya terkadang bingung penempatan tanda baca titik (.) koma (,) tanda tanya (?) dan seru (!) dalam suatu percakapan. Sebenarnya tanda baca tersebut berada di dalam tanda petik (“.....?”) atau diluar. Untuk mengatasi kebingungan tersebut, dalam sauatu waktu saya temukan sebuah blog milik Mba’ Sarni Kurniati yang menjelaskan tentang Tips Menulis.

Agar saya mudah untuk mencari penggunaan tanda petik, saya mengcopy paste kan postingan milik Mba’ Sarni Kurniati di sini. Alasannya simpel, biar saya mudah mencarinya lagi. Mohon ijin ya, jika kurang berkenan bisa koment di bawah ya. Terima kasih. Baca juga Cara Memberi Tanda Baca pada Kalimat Dialog.

Selamat Membaca dan semoga Bermanfaat.

Sumber : wikiHow (dot) com

Contoh Penulisan Kalimat Dialog yang Benar

“Kita akan pergi sekarang.” Aku dan Tono bergegas. [jika akhir kalimat dialog adalah titik, maka awal huruf kalimat berikutnya harus kapital/besar]
“Semua akan baik-baik saja,” kataku kepada Tono. [jika akhir kalimat dialog adalah koma, maka awal... kata berikutnya huruf kecil]
"Bagaimana perasaan kamu?" tanya Rena menggoda.
"Pergi kau!" Teriakku sambil penepuk meja sekuat tenaga.

Catatan:
-) Setiap dialog baru, harus dibuat alinea/paragraf baru walau cuma satu kata/kalimat.
-) Setiap huruf awal kalimat dialog harus kapital/huruf besar, contoh: "Aku pulang," kataku kepada Roi yang masih mematung.
-) Penulisan koma sebelum tanda kutip penutup. Contoh penulisan koma yang salah. "Dia datang lagi", kata Danu. Yang benar. "Dia datang lagi," kata Danu.
-) Penulisan titik sebelum tanda kutip penutup. Contoh penulisan titik yang salah. "Dia datang lagi". Yang benar. "Dia datang lagi."
-) Perhatikan baik-baik PENULISAN dan LETAK tanda baca (koma, titik, kutip ("), tanda tanya (?) dan tanda seru (!) dalam kalimat dialog.
-) Setelah tanda tanda (?) atau tanda seru (!) setelah ditutup dengan tanda kutip, tidak ada koma atau titik lagi. Contoh penulisan YANG SALAH. "Kau pergi sekarang?", tanyaku ke pada Andi. Yang benar. "Kau pergi sekarang?" tanyaku kepada Andi.
-) Tanda kutip dengan kata sebelum dan sesudahnya tidak ada spasi. Contoh penulisan tanda kutip yang salah. "  Aku pergi,  " kataku pada Andi. Yang benar. "Aku pergi," kataku kepada Andi.

Sumber:http://www.sakurasarni.com/2011/04/penulisan-kalimat-dialog.html#sthash.E1WhVzGU.dpuf

0 comments:

Post a Comment