Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketakutan Penghambat Kesuksesan

Sering kita tak jadi melakukan sesuatu dengan alasan takut. Dan ini yang kualami saat ini, dan bahkan bukan hanya aku tapi semua santri yang ada di sisni. Mereka takut dimarahi. Padahal jika kita lakukan dengan perasaan biasa saja tanpa beranggapan yang tidak-tidak toh semuanya biasa saja. Tapi entah kenapa aku masih sering  ragu dengan yang kulakukan. Masa depan setiap orang itu berbeda, apa yang dilakukan oleh teman kita tak menjamin kita sama nasibnya dengan teman kita. Oleh karena itu satu hal yang  harus kita lakukan adalah menjdi diri sendiri. Ea menjadi diri sendiri tanpa harus meniru orang lain. Lalukan yang kita bisa, yang kita mampu dan yang kita sukai dengan semaksimal mungkin. Masalah hasil serahkan pada Allah SWT , Ia-lah yang menentukan dan kita hanya sebatas berusaha dan berdo’a.  Dan apapun keputusan Allah yang diberikan kepada kita, terimalah dengan lapang dada. Yakinlah keputusan-Nya adalah yang terbaik untuk kita.  

Menyalahkan keadaan adalah mental pecundang. Akankah aku menyalahkan keadaan disini saat aku menghafalkan tak selesai-selesai atau tak lancar-lancar dengan  bermcam-macam dalih yang intinya membenarkan alasanku.  Sungguh mental pecundang jika aku berpikiran seperti itu.

Yang bertanggung jawab dengan diri kita adalah diri kita sendiri bukan orang lain atau keadaan yang kita salahkan. Emangnya ketika orang lain kita salahkan semua akan menjdi baik seperti yang kita harapkan? Kurasa tidak. Apapun yang telah terjadi ea itu karena akibat dari perbuatan kita. Kalaupun kita harus menyalahkan ea salahkan diri sendiri. Tapi menyalahkan diri sendiri juga tak baik sebetulnya. Yang benar adalah kita intropeksi diri, melihat dan meneliti apayang pernah kita lakukan dulu. Kemudian rencanakan hal-hal yang baik untuk selanjutnya. Keslahan yang telah kita lakukan dulu jangan kita ulangi lagi dan yakinlah jika kita mau merubah diri kita untuk lebih baik, Allahpun akan mengubahnya seperti yang kita harapkan. Bukanlah Allah itu menurut perasangka hamba-Nya. Oleh karena itu berpikirlah positif, optimis dan yakin kita bisa meraih apa yang kita iimpikan.     

Post a Comment for "Ketakutan Penghambat Kesuksesan"