Sekolah
adalah tempat diamana seorang anak belajar. Dan dalam proses pembelajaran itu
terjadilah transfer of knowlage/ pengetahuan selain teladan dari seorang guru
kepada muridnya. Tentunya dalam proses pembelajaran itu, seorang siswa bukanlah
laiknya kertas kosong yang tidak mempunyai pengalaman sehingga dibutuhkan guru
yang profesional agar keberhasilan pembelajaran bisa tercapai. Dan salah satu
ciri guru profesional adalah guru yang memiliki ketrampilan dalam pengelolaan
dalam pembelajaran.
Menurut
para ahli pendidikandari Standford University dan Sydney Uneversiti yang
dikutip oleh Wina Sanjaya, ada 22 jenis ketrampilan mengajar, yaitu :
1. Establising set
2. Establishing appropriate frame of reference
3. Achieving closure
4. Recongnizing and obtaining attending behavior
5. Providing feedback
6. Employing rewards abd punishment (reinforcement)
7. Control of participation
8. Redudancy and repetition
9. Illustrating and use of example
10. Asking questions (basic)
11. The use of divergent quetions
12. The use higher order questions
13. The use of probing questions
14. Student – initiated questions
15. Completeness of communication
16. Varying the stimulus situation
17. Lecturing
18. Precuing
19. Classroom managements and ddiscipline
20. Guiding small group discussions
21. Small goup teching and individualized instruction
22. Gulding discovery learning and fostering creativity
Ketrampilan
membuka dan menutupp pelajaran (set induction and closure)
1. Membuka pelajaran (set induction)
Membuka pelajaran adalah usaha dan kegiatan yang dilakukan oleh
guru untuk menciptakan prakondisi bagi siswa agar siap secara mental untuk
memusatkan perhatian pada pengalaman belajar yang akan disajikan.
Tujuan membuka pelajaran adalah :
a.
Mempersiapkan
mental siswa agar siap memasuki persolan yang akan dipelajari atau dibahas dalm
proses pembelajaran
b.
Menarik
minat dan perhatian siswa, yang dapat dilakukan dengan;
1.
Memberi
keyakinan kepada siswa bahwa materi atau pengalaman belajar yang akan diberikan
bermanfaat untuk dirinya
2.
Menggunakan
media dan alat bantu
3.
Melakukan
pola interaksi yang bervariai
c.
Menumbuhkan
motivasi belajar siswa, yang dapat dilakukan dengan :
1.
Membangun
suasan akrab dan kehangatan sehingga siswa merasa dekat, misalnya menyapa dan berkomunikasi secara kekeluargaan.
2.
Menimbulkan
ras ingin tahu, misalkan mengajak membahas persitiwa atau topik yang sedang
hangat dibicarakan oleh masyarakat.
3.
Mengemukakan
ide yang bertentangan mislkan menggunakan pendapat yang berbeda dengan pendapat
masyarakt umum
4.
Memperhatikan
minat siswa
5.
Mngaitkan
materi atau pengalaman belajar yang akan dibahas dengan kebutuhan siswa
d.
Memberikan
acuan dan rambu-rambu tentang pembeljaran yang akan dilakukan, yang dapat
dilakukan dengan :
1.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta pemaparan tugsa-tugas yang harus
dilakukan dengan penncapian tujuan tersebut.
2.
Menjelaskan
urutan atau tahapan-tahapan pembelajaran, sehingga siswa memahami apa yang
harus dilakukan.
3.
Menjelaskan
tujuan doamain pembelajaran yang hendak dicapai setelah proses pembelajaran
berlangsung baik aspek pengetahuan, ketrampilan ataupun sikap.
e.
Membuat
kaitan atau hubungan anatar pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki
siswa dengan materi atau pengalaman belajaran yang akan diberikan kepada siswa.
f.
Membuka
pelajaran juga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kesiapan dan penguasaan
siswa terhadap materi yang akan diajarkan,
2. Menutup pelajaran (Closoure)
Menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri
pelajaran dengan cara menu=yimpulkan secara menyeluruh tentang apa yang telah
dipelajarai siswa serta keterkaitannya dengan pengalaman sebelumnya. Tujuan
kegiatan ini adalah untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa, serta
keberhasilan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
Untuk menutup pembelajarn dapat dilakukan dengan cara:
a.
Menyimpulkan
atau membuat garis-garis besa materi pokok yang telah dibahas.
b.
Mengkonsolidasikan
perhatian siswa terhadap hal-hal pokok agar informasi yang telah diterima dapat
membangkitkan minat untuk memperlajari lebih lanjut
c.
Mengorganisaian
kegiatan yang telah dilakukan untuk membentuk pemahaman baru tentang materi
yang telah dipelajari
d.
Memberikan
protes baik secara lisan, tulisan maupun berbentuk perbuatan
e.
Memberikan
tindak lanjut serta saran-saran untuk memperluas wawasan yang berhubungan
dengan materi pelajarn yang telah dibahas serta pemberian tugas-tugas yang
harus dikerjakan baik secara individu maupun kelompok.
Tags
Pendidikan