RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Nama Sekolah : MTs Riyadussholihin
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Kelas/Semester : VIII/ 2 (dua)
Pertemuan ke : 4 (satu)
Waktu : 2 x 40
menit (1 kali pertemuan)
Standar
Kompetensi : Keseimbangan Hidup di Dunia
dan Akhirat
Kompetensi Dasar : Menjelaskan
Hadist Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat
Indikator :
1. Siswa memahami pengertian keseimbangan hidup di
dunia dan Akhirat
2. Siswa
memahami hadist tentang keseimbangan hidup di dunia dan Akhirat
3. Siswa memahami kandungan hadist
tentang keseimbangan hidup di dunia dan Akhirat
A.
Materi Ajar (Materi Pokok)
1.
Pengetian
Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat
2.
Dalil
Hadits tentang Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat
3.
Kandungan
Hadits tentang Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat
4.
Hubungan
Hadits dengan Fenomena Kehidupan Manusia
5.
Akibat
(Dampak Positif) dari mempelajari Hadits tentang Keseimbangan Hidup di Dunia
dan Akhirat
B.
Metode Pembelajaran/ Model Pembelajaran
1.
PAIKEMI
(Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif,
Menyenangkan dan Islami)
2.
Metode
Diskusi
C.
Tujuan Pembelajarn
1.
Peserta
didik memahami pengertian dan hadits mengenai keseimbangan hidup di dunia dan
akhirat
2.
Peserta
didik memahami kandungan hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan kahirat
3.
Peserta
didik mampu mengaplikasikan kandungan hadits dalam kehidupan sehari-hari
D.
Langkah-langkah
Pertemuan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pertama
|
Kegiatan
Awal (Pendahuluan)
1.
Guru mengecek
kesiapan belajar siswa dalam proses belajar mengajar
2.
Guru mengecek
kehadiaran siswa dengan buku daftar hadir
3.
Pendidik
memandu peserta didik berdo’a sebagai pengembangan karakter “relegius”.
4.
Siswa
menyimak penyampaian KD dari guru dengan antusias
5.
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang pentingnya kompetensi ini dalam kehidupan sehari-hari
dengan antusias
Kegiatan Inti
-Eksplorasi
1.
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai pengertian keseimbangan hidup di dunia dan
akhirat
2.
Siswa menimak
penjelasan guru tentang dalil keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
-Elaborasi
1.
Siswa membaca
dalil hadits keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
2.
Siswa menyebutkan
kandungan hadits keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
3.
Siswa
menyebutkan hubungan hadits dengan fenomena kehidupan
-Konfirmasi
1.
Guru
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan.
2.
Siswa dan
guru melakukan refleksi untuk memperoleh pengalamn belajar yang dilakukan
dengan jujur.
3.
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar, memberikan motivasi kepda siswa yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir (Penutup)
1.
Siswa
bertanya jawab dengan guru mengenai materi yang belum dipahami
2.
Siswa mendapat
tugas di rumah untuk membuat rangkuman dan mencatat hal-hal pokok mengenai hadits
tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
3.
Guru
menyampaikan rencana pertemuan berikutnya.
|
10’
60’
10’
|
E.
Penilaian
1.
Teknik
: Tes Lisan
2.
Bentuk
Instrumen : Membuat Rangkuman / Simpulan
Penghitungan
nialai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
|
Perolehan
Skor
|
Nilai
Akhir =
|
....................
x Skor Ideal (100) = .....
|
|
Skor
Maksimum (8)
|
F.
Bahan/sumber belajar
1.
Al-Qur’anul
Karim
2.
Buku
Qur’an Hadits kelas VIII MTs
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Redy Priyanto, S.Ag.
NIP.
|
Guru Mata Pelajaran
Mad Solihin
NIP.
|
Tags
Contoh RPP