RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Qur’an Hadits

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Nama Sekolah           : MTs Riyadussholihin
Mata Pelajaran          : Qur’an Hadits
Kelas/Semester          : VIII/ 2 (dua)
Pertemuan ke            : 4 (satu)
Waktu                                    : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat
Kompetensi Dasar     : Menjelaskan Hadist Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat
Indikator                    : 1. Siswa memahami pengertian keseimbangan hidup di dunia dan Akhirat
                                      2. Siswa memahami hadist tentang keseimbangan hidup di dunia dan Akhirat
                                      3. Siswa memahami kandungan hadist tentang keseimbangan hidup di dunia dan Akhirat
A.   Materi Ajar (Materi Pokok)
1.    Pengetian Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat
2.    Dalil Hadits tentang Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat
3.    Kandungan Hadits tentang Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat
4.    Hubungan Hadits dengan Fenomena Kehidupan Manusia
5.    Akibat (Dampak Positif) dari mempelajari Hadits tentang Keseimbangan Hidup di Dunia dan Akhirat

B.   Metode Pembelajaran/ Model Pembelajaran
1.    PAIKEMI (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami)
2.    Metode Diskusi

C.   Tujuan Pembelajarn
1.    Peserta didik memahami pengertian dan hadits mengenai keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
2.    Peserta didik memahami kandungan hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan kahirat
3.    Peserta didik mampu mengaplikasikan kandungan hadits dalam kehidupan sehari-hari

D.   Langkah-langkah
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pertama
Kegiatan Awal (Pendahuluan)
1.    Guru mengecek kesiapan belajar siswa dalam proses belajar mengajar
2.    Guru mengecek kehadiaran siswa dengan buku daftar hadir
3.    Pendidik memandu peserta didik berdo’a sebagai pengembangan karakter “relegius”.
4.    Siswa menyimak penyampaian KD dari guru dengan antusias
5.    Siswa dan guru bertanya jawab tentang pentingnya  kompetensi ini dalam kehidupan sehari-hari dengan antusias

Kegiatan Inti
-Eksplorasi
1.    Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pengertian keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
2.    Siswa menimak penjelasan guru tentang dalil keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
-Elaborasi
1.    Siswa membaca dalil hadits keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
2.    Siswa menyebutkan kandungan hadits keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
3.    Siswa menyebutkan hubungan hadits dengan fenomena kehidupan
-Konfirmasi
1.    Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan.
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi untuk memperoleh pengalamn belajar yang dilakukan dengan jujur.
3.    Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, memberikan motivasi kepda siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan akhir (Penutup)
1.    Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai materi yang belum dipahami
2.    Siswa mendapat tugas di rumah untuk membuat rangkuman dan mencatat hal-hal pokok mengenai hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
3.    Guru menyampaikan rencana pertemuan berikutnya.
10’












60’
























10’







E.    Penilaian
1.    Teknik                     : Tes Lisan
2.    Bentuk Instrumen  : Membuat Rangkuman / Simpulan

Penghitungan nialai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :

Perolehan Skor
Nilai Akhir =
.................... x Skor Ideal  (100) = .....

Skor Maksimum (8)

F.    Bahan/sumber belajar
1.    Al-Qur’anul Karim
2.    Buku Qur’an Hadits kelas VIII MTs



Mengetahui,
Kepala Sekolah

Redy Priyanto, S.Ag.
NIP.

Guru Mata Pelajaran

Mad Solihin
NIP.

Post a Comment

Previous Post Next Post