Sumber : pixabay |
Dalam
tulisan ini, admin akan sedikit share mengenai apa itu organisasi, mulai dari
definisi, fungsi organisasi dan bagiamana cara managemen organisasi.
Filosofi
Ø “Bekerjalah
dengan struktur yang rapih, seperti bangunan yang kokoh.” (Q.S. As-Shaf 64:1)
Ø “Kebaikan
yang tidak terorganisir bisa dikalahkan oleh keburukan yang terorganisir.” (Ali
bin Abi Thalib)
Ø “Berpegang
teguhlah dengan mengikat tali kebersamaan.” (Q.S. Ali-Imran 3: 103)
Ø “Serahkan
suatu pekerjaan pada ahlinya, kalau tidak tunggulah kehancurannya.” (Hikmah)
Pengertian
Secara
harfiah atau lughot organisasi berasal dari bahasa yunani Organa yang menurut
bahasa latin Organom. Sedangkan menurut bahasa inggris Organition, menurut
bahasa belanda Organisatie, kesemuanya mempunyai arti kumpulan.
Secara
definisi atau istilah organisasi menurut para ahli ialah :
John M. Gaus
“organisasi adalah tata hubungan antara orang-orang untuk dapat memungkinkan
tercapai banyak tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas dan tanggung
jawab.
G.R. Terry :
Organisasi berasal dari kata Organism yaitu suatu struktur yang dengan
bagian-bagian yang sedemikian rupa di integrasi sehingga hubungan antara sau sama
lain saling dipengaruhi dan mempengaruhi hubungan mereka secara keseluruhan.
Leonardo
Wite mengemukakan bahwa pengertian “Organisasi ialah pola hubungan yang
ditetapkan secara formal oleh hukum dan oleh top manajement (organisasi formal)
organisasi adalah sejumlah kata hubungan kerja (work relation ship) yang
menjelma dari hubungan kerjasama antar hubungan seseorang dalam suatu jangka
waktu yang panjang (organisasi informal)
Dari
beberapa definisi diatas secara umum dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur organisasi
adalah sebagai berikut :
1. Adanya dua orang atau lebih
2. Adanya maksud untuk kerjasama
3. Adanya pengatura hubungan
4. Adanya tujuan yang hendak dicapai
Berdasarkan
unsur-unsur dasar ini sekedar sebagai pegangan dapatlah dirumuskan definisi
yang lebih mendekati praktek organisasi sehari-hari sebagai berikut : “Organisasi adalah wadah serta proses kerja
sama sejumlah manusia yang terkait dalam hubungan formal dalam rangkaian
hirarki untuk mencapai tujuan yang ditentukan”.
Fungsi Organisasi
Dari sedikit
uraian diatas kita paling tidak mempunya gambaran setelah kita berorganisasi
lalu mengapa manusia harus berorganisasi, untuk mengetahui hal itu maka perlu
mengetahui fungsi organisasi dalam kehidupan kita sebagai elemenmasyarakat.
Secara ringkas
fungsi organisasi ada 2 :
1. Sebagai
sarana komunikasi antar manusia (human relation)
2. Sebagai
alat untuk mencapai tujuan bersama.
Prinsip-prinsip Organisasi
Prinsip
organisasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diketahui dan
dilakukan, ibarat rumah prinsip merupakan tiangnya, prinsip tersebut adalah :
1. Memiliki
tujuan atau rumusan yang jelas
2. Setiap
anggota memahami dan menerima tujuan tersebut
3. Adanya
kesatuan arah atau persepsi
4. Adanya suatu
perintah atau komando
5. Adanya
keseimbangan wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing anggota
6. Adanya
pembagian tugas / job description
7. Adanya
jaminan keamanan dalam bekerja
8. Adanya
transportasi yang cukup
9. Garis
kekuasaan tanggung jawab serta hirarki tata kerjanya tergambar dalam struktur
organisasi.
Macam-Macam Organisasi
Macam
organisasi apabila diklasifikasikan menjadi beberapa macam, antara lain :
1. Atas dasar
usia
Ø Pelajar,
Remaja, Pemuda pemula (IPNU-IPPNU, IRM, PII)
Ø Mahasiswa,
(PMII, HMI, GMNI)
Ø Pemuda
dewasa (GP.ANSOR, PMM, KNPI, FKPPI, Pemuda Muhammadiyah)
2. Organisasi
Politik
Ø Partai
Kebangkitan Bangsa (PKB)
Ø Partai
Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Ø Partai
Golongan Karya (GOLKAR)
Ø Dan
lain-lain
3. Organisasi
Profesi
Ø Persatuan
Wartawan Indonesia (PWI)
Ø Persatuan
Pengusaha Indonesia (PPI)
Ø Ikatan
Dokter Indonesia (IDI)
Ø Dan
lain-lain
Adapun
tujuan organisasi kemasyarakatan adalah sesuai dangan tujuannya masing-masing.
Dalam mencapai tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD’45,
wadah persatuan Negara RI bab III pasal 5,6 dan 7 berisi tentang hak dan
kewajiban organisasi kemasyarakatan berfungsi :
1) Sebagai
wadah penyalur kegiatan sesuai dengan kepentingannya
2) Wadah
pengembangan dan pembinaan anggotanya dengan berusaha mewujudkan tujuan
nasional.
3) Wadah peran
serta dalam mensukseskan pembangunan
4) Sarana
penyalur aspirasi anggota dan sebagai sarana komunikasi sosial timbal balik
anggota dan antar ormas dengan organisasi kekuatan politik badan perwakilan
rakyat pemerintah.
Hak-hak organisasi kemasyarakatan antara lain :
1) Melaksanakan
kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah diterapkan
2) Mempertahankan
hak hidup organisasi sesuai dengan tujuan organisasi
Kewajiban organisasi kemasyarakatan adalah :
1) Mempunyai
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga
2) Menghayati,
mengamalkan dan mengamankan pancasila serta UUD’45 serta murni dan konsekwen
3) Memelihara
persatuan dan kesatuan
Manajemen Kepanitian
1. Planning (perencanaan)
a) Format
kegiatan
b) Analisa
kebutuhan (idealis, terlaksana, taktis)
c) Teknis
pelaksanaan
d) Tujuan
pelaksanaan (visi dan misi)
e) Obyek
kegiatan
2. Organiting (pengorganisasian)
a) Pembentukan
struktur kepanitiaan : SC, OC (Stering Comite, Organiting Comite)
b) Job
description (Pembagian tugas)
3. Actuating (pelaksanaan)
Administratif
a. Surat
pengangkatan panitia
b. Surat
perlengkapan panitia + job description
c. Surat
musyawarah
d. Surat chek
akhir
e. Surat
pemberitahuan yang terkait kegiatan
f. Surat
permohonan bantuan
g. Pembuatan
proposal
h. Dan lain-lain
yang (dipandang perlu)
i. Penggalian
dana
j. Pengembangan
opini
k. Operasional
job description
l. Kegiatan /
pelaksanaan
4. Controling (pengontrolan /pengecekan) :
Time
Schedule (jadwal Waktu Kerja)
a. Rapat
kepanitian
b. Pembuatan
proposal
c. Penggalian
dana
d. Chek
kegiatan setting kegiatan
e. Protokoler
f. Pelaksanaan
kegiatan
g. Klarifikasi
h. Evaluasi
kegiatan (Persiapan, Pelaksanaan, Hasil)
5. Evaluating (evaluasi) : Laporan pertanggung jawaban, Pembubaran
kepanitiaan.
Untuk
merencanakan sebuah kesuksesan maka perlu adanya hal-hal sebagai berikut :
Visi :
visi apa yang menjadi vokus
seluruh anggota
Aktivasi : Aktivasi
/ trik-trik yang dipakai untuk mencapai visi tersebut
Parameter : Ukuran
untuk mengetahui sukses dan tidaknya suatu kegiatan (visi) yang kita lakukan
Demikian
tulisan tentang materi Materi
Keorganisasian. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan berkunjung lagi
ya. Terima kasih.