WHAT'S NEW?
Loading...

Belajar dari Kesalahan

Pagi tadi aku disuruh untuk membelikan hanger satu lusin, namun entah kenapa aku membeli samapi lima. Alasan yang pertama mungkin karena aku kurang memperhatikan perintahnya, yang kedua adalah karena aku dibawakan uang Rp 15.000 yang kukira untuk membeli sedapatnya.

Kesalahan mungkin dan tak cuma satu kali ini saja tapi kemarin juga ia saat aku disuruh untuk membeli mie ayam jika tidak ada bubur. Lagi-lagi aku salah menangkap perintah sehingga aku membeli bubur dan mia ayam padahal yang diinginkan cuma bubur, beli mie ayam kalau buburnya tidak ada. Hmmm .... malu jadinya. Ditambah aku dikatakan cok ra mudengan padahal wes mahasiswa. Duh ... parah.

Dari hal itu aku berpikir bahwa kesalahan adalah salah satu media kita untuk belajar.

1. Belajar untuk memperbaiki diri
Setelah kita melakukan sebuah kesalahan apapun itu, kita belajar untuk memperbaiki diri agar tak terjerumus dengan keslahan yang sama dikemudian hari.  

2. Belajar untuk teliti
Diharapkan dengan kesalahan yang pernah kita lakukan, kita tak mengulanginya lagi dikemudian hari. Kita belajar untuk teliti dan bercermin pada kesalahan yang pernah kita lakukan.

3. Belajar sebuah kebenaran
Kita akan tahu kebenaran jika kita pernah melakukan kesalahan. Dan kesalahan akan terjadi jika kita mau mencoba. Selama kita takut untuk mencoba maka selamanya tak akan ada kemajuan dalam hidup kita. Oleh karenanya jangan pernah takut untuk salah ketika ingin mencoba hal baru, karena hal itu termasuk proses kita belajar untuk menjadi orang yang unggul dikemudian hari.

0 comments:

Post a Comment