Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Laporan PPL BAB I

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Kemajuan zaman saat ini menuntut guru untuk lebih profesional dalam segi pengajaran dan pendidikan maupun kualitas yang menjamin agar tidak kalah bersaing dalam dunia pendidikan ini. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu program formal yang harus dilaksanakan disetiap fakultas pendidikan. Begitu pula dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo yang menyelenggarakan PPL di sekolah atau madrasah setingkat MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA selama kurang lebih 40 hari dengan beban SKS sebanyak 4 SKS.
Kegiatan utama PPL adalah praktik mengajar pada suatu lembaga pendidikan formal. Adapun kegiatan penunjangnya adalah partisipasi terbatas dalam pengelolaan sekolah yang meliputi kegiatan administratif, kurikulum, perpustakaan dan kegiatan ekstra kurikuler. Dalam pelaksanaan PPL ini, peserta dituntut untuk mengaplikasikan dan mentransformasikan semua teori yang telah didapat sebagai upaya pendalaman materi kuliah melalui praktek pengajaran langsung diranah pendidikan dan juga sebagai upaya pengembangan kemampuan mahasiswa baik dibidang akademik maupun non-akademik. Praktik seperti ini sangat penting dilakukan mengingat sebagai seorang guru dituntut dapat menyeimbangkan antara cara mengajar, cara mendidik dan cara membimbing anak didik, sehingga tujuan utama pendidikan di sekolah dapat terwujud dengan baik.
B.       Tujuan PPL
1.      Maksud
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bermaksud memberikan bekal pengalaman praktik mengajar kepada mahasiswa dalam sebuah institusi pendidikan formal (sekolah) sebagai lahan pengembangan, serta memberikan gambaran akan semuapersoalan yang terjadi di dalam sekolah.
2.      Tujuan
Tujuan utama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah praktik mengajar di kelas sesuai kompetensi mahasiswa guna pembelajaran optimal, memberikan pengalaman secara langsung pada mahasiswa tentang pengelolaan pendidikan di sekolah tempat praktik. Sedangkan tujuan detail dari pelaksanaan PPL adalah:
a.     Memberikan pengalaman mahasiswa dalam praktik mengajar secara langsung di sekolah.
b.    Memberikan pengalaman mahasiswa dalam mengelola pendidikan, lebih khusus tentang administrasi kelas atau sekolah.
c.     Memberikan pengalaman mahasiswa dalam berinteraksi dengan peserta didik, guru sejawat, dan kepala sekolah dalam menyelesaikan permasalahan di kelas atau sekolah, khususnya untuk menciptakan pembelajaran yang optimal.
C.      Manfaat PPL
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memberi banyak sekali manfaat, diantaranya adalah :
1.   Mengetahui berbagai macam kendala dan solusi yang dihadapi oleh sekolah, baik secara administrasi maupun dari kepribadian peserta didik.
2.   Mengetahui sejauh mana penguasaan konsep dan cara penyampaian materi yang bisa diterapkan pada peserta didik.
3.   Mengetahui cara pengelolaan kelas dengan baik dan sesuai dengan kondisi peserta didik yang ada di dalam kelas, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

4.   Memberikan gambaran kepada peserta untuk dapat profesional dalam berbagai hal ketika peserta masuk dalam dunia pendidikan (sekolah).

Post a Comment for "Contoh Laporan PPL BAB I"