BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kemajuan
zaman saat ini menuntut guru untuk lebih profesional dalam segi pengajaran dan
pendidikan maupun kualitas yang menjamin agar tidak kalah bersaing dalam dunia pendidikan ini. Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) adalah suatu program formal yang harus dilaksanakan disetiap fakultas
pendidikan. Begitu pula dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UNSIQ
Jawa Tengah di Wonosobo yang menyelenggarakan PPL di sekolah atau madrasah setingkat
MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA selama kurang lebih 40 hari dengan beban SKS
sebanyak 4 SKS.
Kegiatan
utama PPL adalah praktik mengajar pada suatu lembaga pendidikan formal. Adapun
kegiatan penunjangnya adalah partisipasi terbatas dalam pengelolaan sekolah
yang meliputi kegiatan administratif, kurikulum, perpustakaan dan kegiatan
ekstra kurikuler. Dalam pelaksanaan PPL ini, peserta dituntut untuk
mengaplikasikan dan mentransformasikan semua teori yang telah didapat sebagai
upaya pendalaman materi kuliah melalui praktek pengajaran langsung diranah
pendidikan dan juga sebagai upaya pengembangan kemampuan mahasiswa baik dibidang
akademik maupun non-akademik. Praktik seperti ini sangat penting dilakukan
mengingat sebagai seorang guru dituntut dapat menyeimbangkan antara cara
mengajar, cara mendidik dan cara membimbing anak didik, sehingga tujuan utama
pendidikan di sekolah dapat terwujud dengan baik.
B. Tujuan PPL
1. Maksud
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) ini bermaksud memberikan bekal pengalaman praktik mengajar
kepada mahasiswa dalam sebuah institusi pendidikan formal (sekolah) sebagai lahan
pengembangan, serta memberikan gambaran akan semuapersoalan yang terjadi di
dalam sekolah.
2. Tujuan
Tujuan utama Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) adalah praktik mengajar di kelas sesuai kompetensi mahasiswa guna
pembelajaran optimal, memberikan pengalaman secara langsung pada mahasiswa tentang
pengelolaan pendidikan di sekolah tempat praktik. Sedangkan tujuan detail dari pelaksanaan PPL adalah:
a. Memberikan pengalaman mahasiswa dalam praktik mengajar
secara langsung di sekolah.
b. Memberikan pengalaman mahasiswa dalam mengelola
pendidikan, lebih khusus tentang administrasi kelas atau sekolah.
c. Memberikan pengalaman mahasiswa dalam berinteraksi
dengan peserta didik, guru sejawat, dan kepala sekolah dalam menyelesaikan
permasalahan di kelas atau sekolah, khususnya untuk menciptakan pembelajaran
yang optimal.
C. Manfaat PPL
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memberi banyak sekali manfaat, diantaranya adalah :
1.
Mengetahui berbagai macam kendala dan solusi yang dihadapi oleh sekolah, baik secara administrasi maupun dari kepribadian peserta didik.
2.
Mengetahui sejauh mana penguasaan konsep dan cara penyampaian materi yang bisa diterapkan pada peserta didik.
3.
Mengetahui cara pengelolaan kelas dengan baik dan sesuai dengan kondisi peserta didik yang ada di dalam kelas, sehingga proses pembelajaran
dapat berjalan dengan efektif.
4.
Memberikan gambaran kepada peserta untuk dapat profesional dalam berbagai hal ketika peserta masuk dalam dunia pendidikan (sekolah).
Tags
Pendidikan