WHAT'S NEW?
Loading...

Biografi Singkat Ar-Razi

Ar-Razi adalah seorang dokter dan filsuuf besar pada zamannya. Ia lahir di Ray pada tahun 865 M dan wafat pada tahun 932 M di kota itu juga. Setelah mempelajari matematika, astronomi, logika,sastra dan kimia ia memusatkan perhatiannya pada kedokteran dan filsafat.
Kesungguhan ar-Razi untuk belajar, meneliti, dan menulis sangat laur biasa. Ia pernah menulis dalam setahun lebih dari 20.000 lembar kertas. Karya ar-Rzi mencapai 232 buku atau risalah dan kebanyakan dalam bidang kedokteran.

Karya tulisnya yang terbesar adalah al-Hawi, sebuah Ensiklopedia Kedokteran yang berjumah 20 jilid. Buku ini mengandung ilmu kedokteran Yunani, Arab dan Suriah yang ditulis dan hasil penelitian ar-Razi sendiri. Buku tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada tahun 1279 M. Sejak itu, buu tersebut dipakai sebagai rujukan di universitas-universitas Eropa hingga abad ke 17 M. Bukunya yang lain adalah Fi al-Judari wa al-Hasbat. Buku itu membahas penyakit campak dan cacar yang diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada tahun 1866 M, buku itu dicetak untuk yang ke-40 kalinya.
Sumber : Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam Jilid 2 untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Penulis : H. Darsono dan T. Ibrahim. Penerbit : PT. TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI SOLO. 2009. Hal. 45

0 comments:

Post a Comment